CVR Sriwijaya Air SJ-182 Berhasil Ditemukan

| Rabu, 31/03/2021 16:05 WIB
CVR Sriwijaya Air SJ-182 Berhasil Ditemukan Kotak Hitam Flight Data Recorder (FDR) dari Pesawat Sriwijaya SJ182 berhasil ditemukan (foto: kemenhub)

RADARBANGSA.COM - Cockpit Voice Recorder atau CVR Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh sekitar Pulau Laki, Kepulauan Seribu pada 9 Januari 2021 lalu telah ditemukan. 

"Alhamdulillah Selasa (30/3) malam pukul 20.00 WIB CVR Sriwijaya Air SJ-182 ditemukan di tempat yang tidak jauh dari tempat ditemukannya FDR (Flight Data Recorder)," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu 31 Maret 2021.

Menhub Budi menyampaikan apresiasi kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Badan SAR Nasional, TNI, Polri, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu, jajaran Kementerian Perhubungan, instansi terkait, dan para relawan serta masyarakat Kepulauan Seribu yang telah bahu-membahu berupaya secara maksimal dalam operasi pencarian baik korban, puing-puing pesawat, hingga kotak hitam FDR dan CVR.

"Penemuan CVR ini adalah sebagai tindak lanjut operasi pencarian dimana pada tanggal 12 Januari 2021 FDR pesawat Sriwijaya Air SJ-182 telah ditemukan. CVR adalah perekam audio yang mencatat rekaman percakapan pilot dan suara-suara yang timbul di area cockpit pesawat," katanya.

Menhub mengungkapkan, nantinya data yang ada dalam CVR akan melengkapi data yang telah diperoleh sebelumnya dalam FDR, "Data itu tentu berharga dan KNKT sudah menemukan banyak hal dari FDR. Investigasi akan paripurna apabila dilakukan penggabungan antara apa yg terjadi di cockpit yaitu pembicaraan antara pilot dan copilot dengan apa yang ada di FDR," ungkapnya.

 

Tags : Sriwijaya Air Jatuh , Hilang Kontak , Kotak Hitam

Berita Terkait