Legislator Asal Papua Dorong Pembangunan Smelter Pertama Freeport di Papua

| Kamis, 01/04/2021 20:05 WIB
Legislator Asal Papua Dorong Pembangunan Smelter Pertama Freeport di Papua Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta. (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi VII DPR RI daerah pemilihan Papua, Marthen Douw menegaskan bahwa pembangunan smelter pertama PT Freeport Indonesia harus di Papua. Menurutnya, hal itu untuk mengurangi angka pengangguran di wilayah tersebut.

Selain itu, Marthen mengungkapkan bahwa pembangunan smelter sangat penting untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Papua. Sehingga, politisi Fraksi PKB itu meminta agar pembangunan smelter pertama diprioritaskan di wilayah tersebut.

Sementara itu, Ina Elizabeth Kobak mempertanyakan progres pembangunan smelter Freeport di Papua. Sependapat dengan Marthen, Ina juga meminta agar pembangunan smelter pertama Freeport dibangun di Papua.

"Mengenai pembangunan smelter PT Freeport Indonesia sampai saat ini sudah sejauh mana, saya ingin tahu perkembangannya. Karena dari rapat-rapat, baik dengan Menteri maupun dengan Dirjen, kami anggota DPR perwakilan dari Papua, kami selalu berbicara. Kami ingin smelter bisa dibangun di Papua. Kami punya tanah yang luas dan ketika smelter ini akan dibangun di Papua, itu akan memberdayakan masyarakat Papua," ujar Ina seperti dikutip dari dpr.go.id, Kamis, 1 April 2021.

Tags : DPR RI , Smelter , Freeport , Papua , Indonesia