Tak Berpotensi Tsunami, Gempa Magnitudo 6,7 Guncang Malang

| Sabtu, 10/04/2021 16:45 WIB
Tak Berpotensi Tsunami, Gempa Magnitudo 6,7 Guncang Malang Ilustrasi Gempa Bumi (Doc: Riau Post)

RADARBANGSA.COM – Kabupaten Malang, Jawa Timur diguncang gempa magnitude 6,7, Sabtu 10 April 2021. Gempa terjadi pada pukul 14.00 WIB.

Badang Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan, gempat tersebut berada di 90 kilometer barat daya Kabupaten Malang dengan kedalaman 25 kilometer dan tidak berpotensi tsunami.

“Gempa Mag:6.7, 10-Apr-21 14:00:15 WIB, Lok:8.95 LS,112.48 BT (90 km BaratDaya KAB-MALANG-JATIM), Kedlmn:25 Km, tdk berpotensi tsunami,” tulis BMKG melalui twitter resminya @infoBMKG.

Gempa bumi tersebut juga memicu guncangan sedang hingga kuat beberapa wilayah Jawa Timur (Jatim). Beberapa BPBD melaporkan situasi masyarakat yang merasakan guncangan gempa di wilayahnya seperti Kabupaten Malang, Blitar, Lumajang dan Kota Malang.

“BPBD Kabupaten Malang menginformasikan guncangan dirasakan sedang hingga kuat selama 5 detik. Masyarakat setempat tidak panik. Sedangkan Kota Malang, BPBD melaporkan guncangan selama 12 detik dengan intensitas sedang. Masyarakat Malang panik dan berhamburan keluar bangunan,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati dalam keterangan persnya.

Menurutnya, BNPB telah berkoordinasi dengan beberapa BPBD yang merasakan guncangan gempa. Terkait dengan dampak gempa, BNPB masih melakukan koordinasi dengan BPBD yang melakukan pemantauan dan kaji cepat di lapangan. 

"BNPB terus memonitor pascagempa dan mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan siap siaga dalam mengantisipasi bahaya gempa bumi," tutupnya. 

Tags : Gempa , Malang , BMKG