BNSP Sertifikasi Kompetensi SDM Perhotelan di Destinasi Super Prioritas Borobudur

| Jum'at, 16/04/2021 13:26 WIB
BNSP Sertifikasi Kompetensi SDM Perhotelan di Destinasi Super Prioritas Borobudur Proses sertifikasi kompetensi tenaga kerja perhotelan dan restoran di kawasan destinasi super prioritas Candi Borobudur, Magelang (foto BNSP)

RADARBANGSA.COM - Sertifikasi kompetensi adalah satu di antara upaya untuk pengakuan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia sesuai dengan program prioritas pemerintah mewujudkan SDM unggul dan berdaya saing, termasuk SDM perhotelan dan restoran.

Upaya tersebut secara kontinyu dilakukan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) salah satunya melalui Lambaga Sertifikasi Profesi (LSP) Rajawali Hospitality Nusantara dengan menggelar uji kompetensi tenaga kerja perhotelan dan restoran.

Kali ini giliran tenaga kerja perhotelan dan restoran yang berada di sekitar Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah yang mendapat giliran uji kompetensi oleh LSP Rajawali Hospitality Nusantara. Ketua LSP Rajawali, Herlin Sulistyowati menyatakan, uji kompetensi itu digelar selama dua hari, yaitu Kamis dan Jumat, 15-16 April 2021.

“Kita diberi amanah untuk pelaksanaan PSKK BNSP dengan mempertikan tenaga kerja pariwsata di daerah yang menjadi super destinasi proritas parwisata yang salah satunya adalah Candi Borobudur,” kata Herlin dalam sambutannya di lokasi uji kompetensi.

Herlin berharap melalui uji kompetensi tersebut tenaga kerja di perhotelan serta restoran yang berada di sekitar lokasi pariwisata super prioritas seperti Candi Borobudur.

“Sehingga tenaga kerja di Hotel Restoran sekitar Candi Borobudur yang salah satunya Pelataran Heritage Borobudur menjadi target Asesi atau tenaga kerja pariwista pelaksanaan program Sertifikasi kompetensi kerja BNSP yang dilakukan oleh kami,” ungkap Herlin.

Sementara itu, General Manager Pelataran Heritage Borobudur, Vivek Kumar menyambut baik program sertifikasi kompetensi tersebut. Menurut Vivek, uji kompetensi bagi insan perhotelan dan restoran sangat diperlukan.

“Sertifikasi uji kompetensi sangat diperlukan sebagai salah satu bukti bahwa tenaga kerja di dalam industri pariwisata atau perhotelan sudah memenuhi standar pelayanan sesuai dengan standar kelas masing-masing,” katanya.

Selain itu, lanjut Vivek, dengan semakin tinggi persaingan di sektor pariwisata atau perhotelan menuntut industri pariwisata untuk mempunyai karyawan yang benar-benar berkompeten di bidangnya.

Tags : BNSP , Sertifikasi Kompetensi , Borobudur

Berita Terkait