Menhub Budi Minta KCI Perketat Protokol Kesehatan di KRL

| Jum'at, 14/05/2021 18:34 WIB
Menhub Budi Minta KCI Perketat Protokol Kesehatan di KRL Kereta Rel Listrik (foto: krl.co.id)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan tinjauan ke Stasiun Manggarai, Jumat, 14 Mei 2021. Adapun tinjauan tersebut didampingi oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian, Zulfikri.

“Hari ini saya sengaja keliling untuk memastikan bahwa pergerakan di aglomerasi terkelola dengan baik. Kita tahu aglomerasi ada Jabodetabek. Ada Medan, Bandung Raya, Yogyakarta Raya, Solo Raya, Semarang Raya, Surabaya Raya, dan Makassar Raya,” ujar Budi seperti dilansir dari okezone.com.

Sebagaimana diinformasikan, pemerintah memperbolehkan orang di wilayah aglomerasi dengan masih mengizinkan umum beroperasi. Hal tersebut meskipun ada larangan mudik pada 6-17 Mei 2021.

Namun, tegasnya, bukan berarti para penumpang dibiarkan mengabaikan protokol kesehatan. Terkait kerumunan penumpang, menurutnya hal ini masih sering terjadi dalam kereta.

"Presiden (Joko Widodo) instruksikan, peniadaan mudik memang dilakukan. Aglomerasi diperbolehkan. Tapi bukan berarti kita biarkan prokes tidak baik. Kerumunan terjadi karena jumlah penumpang tidak dikelola dengan baik," tuturnya.

Oleh karena itu, Budi meminta agar pengelolaan transportasi seperti kereta di wilayah aglomerasi bisa dikelola dengan baik. Sehingga pergerakan penumpang di kereta bisa terkontrol.

“Saya minta KCI lebih profesional awasi pergerakan aglomerasi. Ini pelajaran mahal, banyak orang tak terkontrol,” ucapnya.

Tags : Menhub , Kereta Api , Protokol Kesehatan , KCI , Indonesia