Komisi IV DPR Dorong Pertanian Jadi Magnet Lapangan Pekerjaan Bagi Milenial

| Rabu, 02/06/2021 19:31 WIB
Komisi IV DPR Dorong Pertanian Jadi Magnet Lapangan Pekerjaan Bagi Milenial Ilustrasi petani. (Dok: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Komisi IV DPR RI mendorong pemerintah khususnya Kementerian Pertanian (Kementan) untuk dapat menggodok program-program yang dapat menguatkan sektor pertanian di wilayah pedesaan. Anggota Komisi IV DPR RI, Yessy Melania menyampaikan bahwa Kementan dapat meningkatkan daya tarik sektor pertanian bagi generasi milenial.

"Bagaimana agar pengambil kebijakan ini bisa memalingkan mata anak muda ke sektor ini (pertanian)," ujarnya saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi IV DPR RI dengan Eselon I Kementan di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu, 2 Juni 2021.

Untuk itu, ia berharap Kementan berperan menguatkan kesadaran generasi muda Indonesia dengan menekankan semangat pertanian serta keberadaan desa sebagai `leading sector` tersebut. "Diharapkan generasi muda bisa mengadopsi ini. Sebab mereka merupakan kekuatan utama (sektor pertanian) di masa depan," tegasnya.

Ia juga menekankan pentingnya keberadaan penyuluh pertanian untuk memuluskan target tersebut. Menurut legislator Fraksi Nasdem itu, peran penyuluh akan membantu melahirkan petani modern yang adaptif, sehingga meningkatkan daya tarik generasi muda.

Tags : DPR RI , Kementan , Petani , Milenial , Indonesia