BNPB Dorong Pemda Optimalkan Pembangunan Daerah Berbasis Pengurangan Risiko Bencana

| Jum'at, 04/06/2021 15:42 WIB
BNPB Dorong Pemda Optimalkan Pembangunan Daerah Berbasis Pengurangan Risiko Bencana Bimbingan teknis penyusunan dokumen rencana penanggulangan bencana (foto: bnpb)

RADARBANGSA.COM - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendorong pemerintah daerah dalam mengoptimalkan perencanaan pembangunan daerah yang berbasis pengurangan risiko bencana. Hal tersebut diwujudkan dalam integrasi rencana penanggulangan bencana (RPB) dengan rencana pembangunan daerah.

"RPB sangat berperan dalam melakukan analisis berharga yang tertuang dalam perencanaan dan terintegrasi dengan rencana pembangunan daerah," kata Perwakilan Bappeda Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Muhammad Amri Akbar dalam penutupan bimbingan teknis Penyusunan Dokumen RPB, di Kota Makassar, Sulsel, Jumat 4 Juni 2021.

Menurut Amri, pemerintah daerah dapat melakukan identifikasi masalah pokok, prioritas yang terkait dengan potensi risiko bencana, strategi daerah hingga rencana aksi daerah, yang kemudian diselaraskan dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD).

“Saya menyadari begitu pentingnya RPB ini terintegrasi dalam perencanaan daerah,” jelas Amri,

Alokasi anggaran di daerah akan sia-sia, kata Amri, apabila perencanaan yang terimplementasi dalam pembangunan yang kemudian terdampak bencana. Ia menyadari bahwa belum sepenuhnya di provinsi RPB ini terinternalisasi di daerah.  

“Ini penting kita lakukan monitoring berkaitan dengan perencanaan dan reviu. Tahun ini RPB sudah dimasukkan RPJPD tahun 2020,” tambahnya.

Tags : BNPB , Hujan Deras , Banjir

Berita Terkait