BMKG Imbau Warga Maluku Tengah Waspadai Potensi Tsunami Akibat Gempa

| Rabu, 16/06/2021 20:15 WIB
BMKG Imbau Warga Maluku Tengah Waspadai Potensi Tsunami Akibat Gempa Logo BMKG. (Foto: elshintacom)

RADARBANGSA.COM - Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga di sekitar pantai Japutih Kabupaten Maluku Tengah untuk mewaspadai gempa susulan dan potensi tsunami akibat longsor di bawah laut. Hal itu usai gempa bumi magnitudo 6,1 yang terjadi pada Rabu, 16 Juni 2021 sekitar 97 kilometer timur laut Kota Ambon.

"Warga diimbau untuk mewaspadai gempa susulan dan potensi tsunami akibat longsor ke dan di bawah laut bagi masyarakat di sepanjang pantai Japutih sampai pantai Apiahu Kabupaten Maluku Tengah, Pulau Seram, Maluku," ujar Kepala Stasiun Geofisika Klas I Ambon (Stage of Ambon), Herlambang Hudha seperti dikutip dari antaranews.com.

BMKG meminta masyarakat di sekitar pantai agar waspada potensi gempa susulan dan tsunami. Masyarakat diminta agar menuju tempat atau lokasi ketinggian.

"Hingga pukul 15.30 WIT terjadi sembilan kali gempa susulan, dengan skala kecil dibandingkan sebelumnya," tuturnya.

Potensi tsunami akibat longsor bawah laut tersebut dampak dari gempa bermagnitudo 6,1 yang terjadi pada Rabu pukul 11.43.08 WIB di 3.39 Lintang Selatan (LS), 129.56 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 10 kilometer.

Tags : BMKG , Gempa , Tsunami , Maluku Tengah , Laut