Cek Saldo dan Tarik Tunai di ATM Link Batal Berbayar

| Kamis, 01/07/2021 15:27 WIB
Cek Saldo dan Tarik Tunai di ATM Link Batal Berbayar ATM Link (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) telah memastikan bahwa rencana pengenaan tarif cek saldo dan tarik tunai di mesin ATM Link, batal. Dengan begitu, transaksi Cek Saldo dan tarik Tunai di ATM Merah Putih tidak akan berbayar.

Bank Himbara tersebut meliputi PT Bank BRI (Persero) Tbk, PT Bank BNI (Persero) Tbk, PT Bank BTN (Persero) Tbk, dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Informasi tersebut disampaikan oleh Direktur Utama PT Bank BRI (Persero) Tbk Sunarso yang juga menjabat sebagai Ketua Himbara.

"Maka kami berempat sepakat memutuskan bahwa tidak akan mengenakan biaya itu (cek saldo dan tarik tunai)," katanya dalam rapat bersama Komisi VI DPR, Senin, 14 Juni 2021 dilansir melalui CNNIndonesia.

Sebelumnya, Bank Himbara berencana menerapkan biaya cek saldo Rp 2.500 dan penarikan tunai Rp 5.000. Penyesuaian tarif tersebut direncanakan akan berlaku di ATM Link pada 1 Juni 2021, namun ditunda dan akhirnya resmi dibatalkan. 

Sunarso juga menuturkan bahwa sebelumnya rencana pengenaan tarif tersebut bertujuan untuk mendorong masyarakat menggunakan transaksi non tunai (cashless) melalui mobile banking. Namun, ia sangat menyayangkan bahwa rencana tersebut ternyata menuai polemik di masyarakat.

"Rasanya polemiknya dan lain-lain lebih seru daripada manfaat kecil yang diperoleh bank yang tadinya mau mengedukasi orang supaya lebih ke mobile banking," tuturnya.

 

Tags : ATM link , Bank Himbara

Berita Terkait