Mentan Pastikan Stok Pangan Aman Selama PPKM Darurat

| Kamis, 08/07/2021 16:04 WIB
Mentan Pastikan Stok Pangan Aman Selama PPKM Darurat Beras Bulog. (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo memastikan stok pangan nasional selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di wilayah Pulau Jawa dan Bali, dalam kondisi aman dan terkendali. Disampaikannya, sejauh ini masih ada cadangan beras yang cukup untuk seluruh Indonesia hingga mencapai tujuh juta ton.

"Alhamdulillah (stok pangan) cukup terkendali dengan baik. Kita amasih punya stok cadangan pangan 2020, yakni sekitar tujuh juta ton," kata Syahrul usai pertemuan di Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Sulawesi Selatan, Kamis, 8 Juli 2021.

Dijelaskannya, memasuki bulan Agustus sampai September, beberapa daerah akan memasuki musim tanam kedua. "Kita juga akan segera memasuki musim tanam kedua pada Agustus sampai September. Jika melihat kondisi ini, hampir semua berjalan dengan baik," tuturnya.

Syahrul mengatakan, ketersediaan bahan pangan dalam kondisi aman karena menjadi pengendalian Badan Urusan Logistik (Bulog). "Kita masih memiliki cadangan beras cukup kuat, baik yang ada pada pengendalian langsung oleh Bulog, pada semua RMU (Rice Mile Unit) yang ada, maupun yang dalam penanganan Pemda, provinsi maupun kabupaten," ujarnya.

Tags : Menteri Pertanian , Pangan , PPKM Darurat , Bulog , Indonesia

Berita Terkait