Islam Agama Sosial, Ketum PBNU Imbau Nahdliyin Ikut Berkurban

| Senin, 12/07/2021 20:45 WIB
Islam Agama Sosial, Ketum PBNU Imbau Nahdliyin Ikut Berkurban Pemotongan hewan kurban di gedung PBNU. (Foto: NU Online)

RADARBANGSA.COM - Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siradj mengimbau warga Nahdliyin di manapun berada untuk ikut berkurban pada Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1442 Hijriyah yang bertepatan pada Selasa, 20 Juli 2021 mendatang. Menurut Kiai Said, ibadah kurban menandakan Islam sebagai agama sosial dan kemanusiaan.

“Saya mengimbau kepada seluruh umat Islam, khususnya warga NU yang mampu berkurban, hendaklah masing-masing dengan kesadaran hatinya dan dengan niat tulus ikhlas, lillahita’ala dalam rangka mensyiarkan Idul Adha. (Bagi) yang mampu sapi, silakan, kambing, kerbau, boleh semuanya,” ujarnya dikutip dari NU Online, Senin, 12 Juli 2021.

Disampaikannya, kurban merupakan salah satu bagian kecil dari ibadah sosial yang disyariatkan kepada umat Islam. Kiai Said juga menyebutkan beberapa ibadah sosial yang lain seperti zakat, diantaranya: zakat fitrah, zira`ah, tijarah, perhiasan emas. Kemudian juga ada nazar, fidyah, dam, dan syukuran.

“Itu semua adalah ibadah maliyah atau ibadah harta yang menunjukkan Islam (sebagai) agama sosial. Agama yang peduli kebersamaan, menghormati kebersamaan, kegotongroyongan. Islam agama tamaddun, agama kemasyarakatan, agama peradaban, agama budaya, agama kemajuan, gotong-royong, keadilan, kemanusiaan,” terangnya.

“Mari kita berlomba berkurban sebanyak-banyaknya. Tidak usah dibatasi (seperti) tujuh orang untuk satu sapi. Tidak. satu orang (satu) sapi silakan, kalau memang mampu. Mudah-mudahan pahalanya akan kita dapatkan nanti di akhirat ketika kita pulang ke hadapan Allah,” tutur Kiai Said.

Tags : PBNU , Kurban , Idul Adha , Islam , Nahdliyin , Sosial

Berita Terkait