Menkes Budi Gunadi: Pemerintah Percepat Vaksinasi COVID-19 Berbasis Risiko

| Selasa, 27/07/2021 15:13 WIB
Menkes Budi Gunadi: Pemerintah Percepat Vaksinasi COVID-19 Berbasis Risiko Vaksin Sinovac. (Foto: bumninfo)

RADARBANGSA.COM - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, pemerintah terus mempercepat program vaksinasi nasional yang dilaksanakan dengan prioritas berbasis risiko.

“Kita memberikan prioritas vaksinasi ini berbasis risiko, provinsi-provinsi yang kasus aktifnya tinggi akan kita berikan lebih banyak," kata Menkes Budi Gunadi di Jakarta, Senin 26 Juli 2021 kemarin.

Menurut Menkes Budi, kasus Covid-19 tinggi yakni ada Banten, DKI, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, dan Bali, "Itu yang paling tinggi karena kemungkinan terkenanya juga banyak, masuk ke rumah sakitnya juga banyak, dan yang wafatnya juga paling banyak. Provinsi-provinsi itu otomatis akan mendapatkan prioritas,” katanya.

Selain itu, kata Menkes Budi, pemerintah juga memrioritaskan vaksinasi kepada masyarakat dengan risiko tinggi, yaitu kelompok lanjut usia (lansia) dan masyarakat yang mempunyai komorbid.

Kita juga akan memprioritaskan orang-orang yang risiko tinggiorang yang usianya lanjut, orang yang punya komorbid. Itu yang harus kita utamakan. Kita lindungi mereka dahulukita berikan mereka [vaksin],” ujar Budi.

Tags : Vaksin , Menkes Budi , Covid19

Berita Terkait