Seniman di Jatim dan Jateng Terima Bantuan Sembako dari Gus Muhaimin

| Jum'at, 06/08/2021 20:08 WIB
Seniman di Jatim dan Jateng Terima Bantuan Sembako dari Gus Muhaimin Sejumlah paket sembako dari Gus Muhaimin disalurkan kepada para seniman di wilayah Mataraman (foto istimewa)

RADARBANGSA.COM - Sejumlah padepokan seni di wilayah Jawa tengah dan Jawa Timur mendapat santuan dari Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar. Bantuan itu berupa paket Sembako yang disalurkan melalui Padepokan Seni Kirun, Kamis, 5 Agustus 2021.

Pendiri Padepokan Seni Kirun sekaligus seniman senior, H. Muhammad Syakirun atau akrab disapa Kirun menyatakan, bantuan tersebut adalah kali kedua diberikan Gus Muhaimin kepada para pelaku seni, khususnya di wilayah Mataraman.

“Awal pandemi kurang lebih ada 2000 paket, lalu periode ini saya matur DPP dikirim 300 paket, isinya besar 2 liter, mi instan, kecap, sarden minyak dan gula,” kata Kirun, Jumat, 6 Agustus 2021.

Kirun menjelaskan bantuan itu dia distribusikan antara lain kepada pelaku seni Ludruk Irama Muda yang berada di Ponorogo, Jawa Timur, Ludruk Suromenggolo yang berada di Magetan, Jawa Timur, Sanggar Griya Seni Kasunarnan di Surakarta, Jawa Tengah, serta seniman Karawitan individu.

Menurut Kirun, bantuan Gus Muhaimin sangat membantu sejumlah pelaku seni yang sejak awal pandemi mengalami kesulitan. Dia menyatakan hampir seluruh pelaku seni menjadi korban dari ganasnya Covid-19.

“Semua terdampak Covid-19. Satu grup karawitan 25 orang, belum Ludruk, belum yang Campursari, belum seniman, belum penyanyi, pelukis, teater, tukang sound, tukang panggung semua berhenti total. Tapi alhamdulillah, PKB sudah menggelontorkan mulai awal pandemi sampai kemarin itu,” ungkap Kirun.

Karena itu dia menyampaikan apresiasi sekaligus ucapan terimakasih atas kepedulian Gus Muhaimin kepada para pelaku seni. Dia berkata bantuan kedua Gus Muhamin itu disalurkan kepada pelaku seni. “Maturnuwun Gus Muhaimin dan teman-teman DPP PKB. Tetap semangat, mantap, kuat dan sehat. Kalau DPP ada beras dan sembako, padepokan Seni Kirun siap mendistribusikan,” sambung dia.

Di sisi lain, Kirun berharap seluruh aktivitas kembali normal. Menurutnya seniman sadar semua orang di dunia merasakan dampak Covid-19, namun dengan semangat kebersamaan diiringi penerapan Protokol Kesehatan dan gotong royong dia optimis semua akan bangkit.

“Kalau normal petani panen, laju perekonomian pulih, keamanan kondusif, pendapatan PKL, semuanya orang pulih, ada uang, ada panen, ada ekonomi, tentunya kesenian juga pulih, berarti banyak yang ngundang,” tukas Kirun.

Sementara itu, sejumlah pelaku seni pun sumringah mendapat bantuan dari Gus Muhaimin. Salah satu seniman dari Ludruk Irama Muda Ponorogo menyampaikan terimakasih kepada Gus Muhaimin atas bantuan yang sudah diberikan.

“Terimakasih saya sampaikan kepada Gus Muhaimin yang telah memberi bantuan kepada Ludruk Irama Muda melalui Padepokan Seni Kirun. Semoga berkah dan bermanfaat,” tutur seorang pelaku seni tersebut.

Begitu juga dengan pelaku seni dari Ludruk Suromenggolo Magetan dan Griya Seni Kasurnanan Surakarta yang juga menyampaikan terimakasih atas bantuan dari Gus Muhaimin. Mereka mengaku akan segera menyalurkan bantuan itu kepada seluruh anggota pedepokan seni masing-masing.

“Kami segenap pengurus Griya Seni Kasunarnan Surakarta siap menyalurkan bantuan Gus Muhaimin kepada rekan-rekan seni, teater dan tradisi di Surakarta,” ungkap seorang pengurus Griya Seni Kasunarnan.

Terpisah, Wakil Bendahara Umum DPP PKB, Bambang Susanto menyatakan, bantuan itu merupakan wujud kepedulian Gus Muhaimin kepada para pelaku seni. Para penerima bantuan, kata Bambang, berasal dari sanggar serta pelaku seni tradisional yang terdampak langsung oleh Pandemi.

"Para pelaku seni adalah salah satu yang paling terdampak pandemi COVID-19. Job mereka sulit, otomatis penghasilan juga susah. Jadi Gus Muhaimin merasa mereka inilah yang harus dibantu. Makanya kita salurkan ribuan paket sembako untuk mereka yang kami salurkan lewat Pedepokannya pak Kirun," ujar Bambang.

Tags : Gus Muhaimin , PKB , Seniman , Kirun

Berita Terkait