Gandeng Pertamina, Kemendes Siap Gelar BBI Kaltim

| Selasa, 31/08/2021 14:27 WIB
Gandeng Pertamina, Kemendes Siap Gelar BBI Kaltim Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) terkait Program Bangga Buatan Indonesia (BBI), Stimulus BBI dan DigiKU, melalui virtual, Senin 30 Agustus 2021.

Dalam kesempatan itu, Mendes PDTT Halim Iskandar membahas soal Gerakan Nasional (Gernas) BBI  yang akan dilaksanakan secara hybrid pada Oktober 2021 mendatang. 

"Main event (acara utama) bakal dilaksanakan Hybird baik di Kalimantan Timur maupun di Jakarta," kata Menteri Halim Iskandar.

Sementara itu, pada September akan dilakukan Soft Launching. Hal ini sebagai langkah awal kegiatan yang melibatkan seluruh komponen di Kaltim termasuk semua stakeholder.  

 

"Soft launching menjadi startingt point (langkah awal) untuk kegiatan lebih insetif yang melibatkan seluruh komponen yang berada di Kaltim, termasuk Bank Indonesia, Pertamina, Pemda, Media Group, Asosiasi e-Commerce, pengurus BUMDes dan BUMDes Bersama juga para pelaku UMKM," katanya. 

"Tujuannya untuk memperkenalkan kepada publik kegiatan Gernas BBI Kalimantan Timur dan menandai dimulainya seluruh kampanye Gernas BBI," sambungnya. 

Menuju Launching ini, telah digelar sejumlah kegiatan seperti koordinasi Stakeholder, kampanye Gernas melalui berbagai platform media. Kemudian lakukan pemetaan produk unggulan yang melibatkan Bank Indonesia dan Pertamina pada level desa dalam rangka penyiapan program kurasi.

"Kemudian pelaksanaan Webinar dan pelatihan juga peningkatan pemasaran dan entrepreunership bagi pengurus BUMDes maupun UMKM juga konsolidasi para Pendamping Desa se-Kalimantan Timur," kata pria yang akrab disapa Gus Halim ini.

Hasil Kurasi, kata Gus Halim, terdapat binaan di Kalimantan Timur sebanyak 1.670 Mitra Binaan dengan rincian 762 Mitra Binaan Perdagangan, 205 Mitra Binaan Jasa, 298 Mitra Binaan Industri, 251 Mitra Binaan Peternakan, 11 Mita Binaan Perkebunan, 40 Mitra Binaan Pertanian dan 103 Mitra Binaan Perikanan.

Selanjutnya, Pembinaan BUMDesa/ UMKM digelar sejumlah kegiatan yaitu Pertama, Pertamina SMEXPO tanggal 9-11 September 2020. Kedua, Pelatihan Mitra Binaan Kewirausahaan dalam menghadapi Pandemi Covid-19 tanggal 16-17 Desember 2020. Ketiga, Showcase BUMDesa/ UMKM kerjasama Pertamina Region Kalimantan - IWAPI Kota Balikpapan di Plaza Balikpapan tanggal 4 November 2020 – Juni 2021.

Tags : Kemendes PDTT , Gernas BBI Kaltim