Manfaatkan Teknologi, Kemenag Gelar Digital Talent Scholarship

| Jum'at, 03/09/2021 17:03 WIB
Manfaatkan Teknologi, Kemenag Gelar Digital Talent Scholarship Gedung Kementerian Agama (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Agama (Kemenag) menggelar Program Digital Talent Scholarship Tahun 2021 secara virtual, Jumat 3 September 2021. Program ini kerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat memiliki pengaruh signifikan terhadap budaya dan kehidupan masyarakat, termasuk dalam hal kehidupan beragama. 

"Tidak hanya mempengaruhi tata cara beragama, namun juga cara pemerolehan ilmu agama. Program Digital Talent Scholarship (DTA) yang diselenggarakan Kementerian Kominfo bekerja sama dengan Kemenag ini adalah sebuah langkah strategis untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi sebagai media dalam peningkatan kapasitas SDM masyarakat Indonesia," kata Gus Yaqut, sapaan akrabnya, dalam keterangan tertulisnya.

Menurut Gus Yyaqut, Program Digital Talent Scholarship Tahun 2021 mengusung tema Sinergisitas Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Penguatan Moderasi Beragama dan menyasar peserta yang berasal dari pengelola pesantren, madrasah, dan penyuluh agama.  

"Program ini berjalan sejak 2018 dan sudah ada 1.000 peserta yang mengikuti pelatihan ini. Tahun 2021, ada 100.000 peserta yang mendaftar untuk ikut pelatihan. Sebanyak 5.650 di antaranya, berasal dari pengelola pesantren, madrasah, dan penyuluh agama," ungkapnya.

Kebijakan-kebijakan yang mensupport literasi digital, tegas Gus Yaqut, harus ditingkatkan secara simultan dan berkesinambungan. Sebab, hal itu dapat berpengaruh dalam membentuk pola pikir (mind set) masyarakat.

"Karena itu, Kementerian Agama mendorong kepada siapapun yang memiliki kompetensi keagamaan yang memadai agar mewarnai berbagai platform media digital, turut serta mendiseminasikan nilai-nilai agama yang rahmatan lil-alamin kepada masyarakat," tegasnya.

Tags : kemenag , teknologi , Gus Yaqut , Digital Talent Scholarship