Kemnaker Dorong Pusat Pasar Kerja Jadi Solusi `Mismatch` Ketenagakerjaan

| Rabu, 22/09/2021 21:50 WIB
Kemnaker Dorong Pusat Pasar Kerja Jadi Solusi `Mismatch` Ketenagakerjaan Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi (foto: kemnaker)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus mendorong Pusat Pasar Kerja agar menjadi tempat bertemunya kebutuhan dunia kerja dengan ketersediaan sumber daya manusia. Pasalnya dalam dunia ketenagakerjaan sering terjadi mismatch atau ketidaksesuaian antara supply dan demand.

"mismatch atau ketidaksesuaian tersebut terbagi menjadi vertical mismatch dan horizontal mismatch," , kata Sekretaris Jenderal Kemnaker, Anwar Sanusi dalam keterangan tertulisnya, Rabu 22 September 2021.

Menurut Sekjen Anwar, vertikal mismatch terjadi ketika seseorang bekerja, tetapi tidak sesuai dengan level pendidikannya. Misalnya, seseorang sarjana mengerjakan pekerjaan yang dapat dikerjakan lulusan SMA.

Adapun horizontal mismatch, katanya, ketidakcocokan antara latar belakang pendidikan dan pekerjaan. Misalnya, seorang lulusan sarjana teknik mesin bekerja sebagai manajer keuangan.

“Baik ketidaksesuaian secara vertikal maupun horizontal ini banyak terjadi, dan ini menjadi tantangan kita untuk terus berupaya mengatasinya sebagaimana arahan Bu Ida Fauziyah,” ucapnya.

Tags : Kemnaker , Pasar Tenaga Kerja