Kemenang: Indeks Kesalehan Sosial Masyarakat Sangat Baik

| Selasa, 12/10/2021 18:39 WIB
Kemenang: Indeks Kesalehan Sosial Masyarakat Sangat Baik Seminar Hasil Kesalehan Umat Beragama (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama (Kemenag) merilis hasil survei indeks kesalehan sosial (IKS) masyarakat Indonesia.

“Survei ini berhasil memotret secara kuantitatif, implementasi ibadah yang ada dalam agama-agama, baik yang bersifat individual dan sosial,” kata Kepala Balitbang-Diklat Kemenag, Achmad Gunaryo di Jakarta, Selasa 12 Oktober 2021.

Menurut Gunaryo, selama ini masyarakat Indonesia bisa dikatakan kesalehan ritual atau individualnya sudah tinggi. Namun, kesalehan sosialnya masih dapat terus ditingkatkan.

“Hasil survei ini menjadi informasi penting bagi pemerintah dan organisasi keagamaan tentang potret kesalehan sosial masyarakat, serta bagaimana upaya meningkatkannya,” katanya.

Hal senada disampaikan Kepala Puslitbang BALK Prof M Adlin Sila. Menurutnya, masyarakat secara umum memberi perhatian tinggi atas kesalehan ritual. Padahal, fungsi agama itu menyempurnakan akhlak atau rahmatan lil alamin. 

“Itu berarti kesalehan sosial penting. Selama ini, pengaruh agama belum signifikan dalam kemanusiaan, lingkungan, dan pemerintahan yang bersih. Penelitian ini, diharapkan mampu memprediksi apa yang perlu ditingkatkan,” ujarnya.

 

Tags : Kemenag , Index Kesalehan Masyarakat