Pemerintah Berikan Bantuan Sembako Bagi Para WNI di Brunei Darussalam

| Rabu, 13/10/2021 15:03 WIB
Pemerintah Berikan Bantuan Sembako Bagi Para WNI di Brunei Darussalam KBRI Bandar Seri Begawan Salurkan Bantuan Sembako Pemerintah RI pada PMI Brunei Darussalam (foto:Kemlu)

RADARBANGSA.COM - Sebagai bentuk kepedulian terhadap Pekerja Migran Indonesia (PMI), KBRI Bandar Seri Begawan telah mendistribusikan bantuan bahan makanan kepada para PMI yang terdampak pandemi Covid-19 di Brunei, 7 Oktober 2021.

Pembagian sembako ini juga merupakan wujud dari pelaksanaan Nawacita Presiden Joko Widodo bahwa negara selalu hadir untuk memberikan pelayanan dan pelindungan kepada warganya.

KBRI Bandar Seri Begawan akan mendistribusikan 1.000 paket bahan makanan kepada PMI. Pekerja yang menerima bantuan sembako adalah mereka yang tempat bekerjanya terdampak kebijakan pengetatan kegiatan masyarakat oleh Pemerintah Brunei dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 yang melonjak sejak 7 Agustus 2021.

Langkah pengetatan Pemerintah Brunei untuk mencegah penyebaran Covid-19 juga berdampak kepada aktifitas sektor-sektor usaha seperti restoran, warung-warung makan, penjahit dan lainnya.

Sektor-sektor tersebut banyak yang terpaksa harus mengurangi aktivitasnya bahkan ada yang harus tutup. Hal ini menyebakan banyak pekerja di sektor tersebut terkena dampaknya seperti berkurangnya penghasilan, bahkan ada yang menjadi kehilangan pekerjaan.

Dubes RI untuk Brunei Darussalam, Sujatmiko, menyampaikan bahwa KBRI Bandar Seri Begawan telah melaksanakan survei secara daring melibatkan responden dari PMI yang berlangsung akhir Agustus sampai 10 September 2021. Hasilnya sebanyak 34,8% menyatakan masih bekerja, 33,4% menyatakan tidak bekerja lagi, 31,6% menyatakan bekerja separoh waktu. Berdasarkan hasil survey ini ditetapkan jumlah dan kebutuhan sembako yang diperlukan PMI.

Paket sembako yang dibagikan meliputi beras, gula, mie instan, kopi, teh, minyak goreng, ikan kaleng. Produk-produk yang dibagikan adalah produk impor dari Indonesia kecuali yang tidak ada dari Indonesia.

Distribusi sembako dilakukan oleh seluruh staf KBRI Bandar Seri Begawan ke semua wilayah di Brunei yang ada pekerja Indonesia yang meminta bantuan sembako. Untuk daerah-daerah yang dianggap merah Covid-19, memperhatikan berbagai larangan yang diterapkan Pemerintah Brunei, maka pembagiannya dilakukan melalui kerja sama dengan Bulan Sabit Merah Brunei Darussalam. Saat ini proses pembagian sembako masih terus berlangsung.

Tags : PMI Brunei Darussalam , KBRI Bandar Seri Begawan

Berita Terkait