Bangun BLK di Berbagai Daerah, Menteri Ida Ingin Permudah Akses Pelatihan ke Masyarakat

| Minggu, 17/10/2021 20:46 WIB
Bangun BLK di Berbagai Daerah, Menteri Ida Ingin Permudah Akses Pelatihan ke Masyarakat Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah (foto; kemnaker)

 

RADARBANGSA.COM - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah mengungkapkan, Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas yang dibangun di berbagai daerah bertujuan untuk mendekatkan dan mempermudah akses pelatihan dengan masyarakat yang akan dilatih.

"Kami ingin menunjukan bahwa dengan pembangunan BLK Komunitas, pemerintah bertekad untuk menjangkau segala sudut yang belum terjangkau oleh lembaga pelatihan, baik lembaga pelatihan pemerintah maupun lembaga pelatihan swasta," kata Menaker Ida saat meresmikan pembangunan BLK Komunitas Bersama Wapres KH Ma’ruf Amin di Yayasan Global Mission International Indonesia (GMII), Sentani, Jayapura, Sabtu 16 Oktober 2021 kemarin.

Menaker Ida mengatakan, sejak tahun 2017-2020, Kemnaker telah membangun sebanyak 2.127 BLK Komunitas yang tersebar di lembaga keagamaan dan komunitas serikat pekerja/serikat buruh di seluruh wilayah Indonesia.

“Dibangunnya 21 BLK Komunitas di Papua dan Papua Barat pada tahun 2021 ini, pemerintah menunjukkan komitmennya untuk membangun Papua dan Papua Barat, khususnya dalam pembangunan SDM,” katanya.

Menaker Ida berharap, pembangunan BLK di Papua memberikan manfaat bagi daerah paling timur Indonesia itu terutama meningkatkan kemampuan SDM.

"Dengan adanya BLK Komunitas ini diharapkan dapat memberikan bekal keterampilan teknis produksi atau keahlian vokasi sesuai kebutuhan pasar kerja bagi komunitas dan masyarakat sekitarnya dalam bekerja atau berwirausaha," ujarnya.

Tags : Kemnaker , Menteri Ida Fauziyah