Go Pasar Global, Kemendag Bikin MoU `Ekosistem UKM Ekspor` dengan DKI Jakarta

| Selasa, 26/10/2021 22:32 WIB
Go Pasar Global, Kemendag Bikin MoU `Ekosistem UKM Ekspor` dengan DKI Jakarta Gedung Kementerian Perdagangan (foto: kemendag.go.id)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Perdagangan bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, PT Semeru Indonesia Maju (Goorita.com), ID Seed, dan Accelerice menandatangani nota kesepahaman bersama (MoU) "Ekosistem Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Ekspor" dengan target transaksi sebesar USD 12,5 juta secara virtual, Selasa 26 Oktober 2021.

Menurut Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN), Didi Sumedi, kerja sama ini merupakan upaya sinergisitas pemerintah dan sektor swasta dalam mendorong UMKM memperluas akses ekspor ke pasar global.

"Kami melihat perlu adanya pembangunan ekosistem yang menghubungkan produk UKM dan pasar global business to business (b2b) maupun business to consumer (b2c) untuk mencetak UKM-UKM ekspor. Pihak-pihak yang melakukan kerja sama dalam ekosistem ini nantinya memiliki perannya masing-masing," kata Direktur Jenderal PEN Didi Sumedi.

Menurut Didi Sumedi, eksosistem tersebut dibentuk untuk membantu para pelaku usaha agar memiliki kualitas dan daya saing global. Kolaborasi dengan lembaga akseletrator dan integrator seperti ID Seed, Accelerice, dan Goorita.com, serta dukungan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam melakukan kurasi pelaku usaha akan menghasilkan program yang berkesinambungan.

Diketahui, penandatanganan dilakukan oleh Direktur Jenderal PEN Didi Sumedi, CEO Accelerice Charlotte Kowara, Ketua Umum ID Seed Ira Damayanti, Founder PT Semeru Indonesia Yuwono Wicaksono, dan Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Provinsi DKI Jakarta Elisabeth Ratu.

Tags : Kemendag , Pasar Global

Berita Terkait