SBY Berobat Penyakit Kanker Prostat ke AS, Biaya Ditanggung Negara?

| Rabu, 03/11/2021 19:38 WIB
SBY Berobat Penyakit Kanker Prostat ke AS, Biaya Ditanggung Negara? Presiden Ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) (foto:Instagram/aniyudhoyono)

RADARBANGSA.COM - Mantan Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didiagnosis kanker prostat stadium awal dan berencana menjalani pengobatan di Amerika Serikat. Merujuk pada aturan, biaya pengobatan dan fasilitas lainnya akan ditanggung oleh negara.

Aturan mengenai biaya pengobatan mantan pesiden diatur dalam UU No 7 Tahun 1978 tentang Hak Keuangan/Administratif Presiden dan Wakil Presiden Serta Bekas Presiden dan Wakil Presiden dalam Pasal 7.

Pasal 7
Selain dari pensiun pokok sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 ayat (2) kepala bekas Presiden dan bekas Wakil Presiden diberikan pula:

a. tunjangan-tunjangan sesuai dengan peraturan perundang-undangan mengenai pensiun yang berlaku bagi Pegawai Negeri;
b. biaya rumah tangga yang berkenaan dengan pemakaian air, listrik, dan telepon;
c. seluruh biaya perawatan kesehatannya serta keluarganya.

Presiden ke-6 RI tersbut telah menjalani berbagai pemeriksaan, di antaranya melalui metode MRI, biopsi, positron emission tomography (PET) specific membrane antigen (SMA) scan, dan pemeriksaan lainnya. Hasilnya, SBY didiagnosis kanker prostat dalam stadium awal.

"Kanker prostat yang diderita oleh Bapak SBY masih berada dalam tahapan (stadium) awal. Sesuai dengan kondisi kesehatan Bapak SBY saat ini, tim dokter menyimpulkan semua opsi terbuka untuk melakukan pengobatan dan penyembuhan Bapak SBY," ungkap staf pribadi SBY, Ossy Dermawan dilansir detik.com.

Keputusan lanjutan yang telah didiskusikan dengan tim dokter Indonesia termasuk urolog senior, SBY dalam waktu dekat akan melakukan medical check-up dan pengobatan di luar negeri. 

 

 

Tags : SBY , Luar Negeri , Kanker Prostat

Berita Terkait