Indonesia Jajaki Kerja Sama Pelayaran Langsung ke Brunei Darussalam

| Jum'at, 05/11/2021 21:52 WIB
Indonesia Jajaki Kerja Sama Pelayaran Langsung ke Brunei Darussalam Menhub Budi Karya Sumadi melakukan pertemuan dengan Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam Sujatmiko (foto: dephub)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan pertemuan dengan Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam Sujatmiko di Jakarta, Jumat 5 November 2021.

Pertemuan tersebut membahas perkembangan dan peningkatan konektivitas transportasi darat, laut, mapun udara antara Indonesia dengan Brunei Darussalam, dalam rangka memulihkan konektivitas antara negara ASEAN yang terdampak pandemi Covid-19.

“Beberapa hal yang dibahas dalam pertemuan tersebut yaitu, terkait peluang pelaksanaan pelayaran langsung (direct shipping) dan pelaksanaan angkutan udara penumpang dan barang,” kata Menhub Budi Karya Sumadi dalam keterangan tertulisnya.

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, Pemerintah menjajaki pelayaran langsung ke Brunei Darussalam. Menurutnya, beberapa perusahaan pelayaran nasional memiliki potensi untuk mendukung pelaksanaan pelayaran langsung antar kedua negara, untuk pemenuhan komoditi ekspor dan impor.

“Perlu digali lebih dalam potensi pasar dari Brunei Darussalam yang bisa ditawarkan guna menarik minat perusahaan pelayaran,” kata Menhub.

Menhub Budi Karya Sumadi menjelaskan, saat ini juga tengah disusun Nota Kesepakatan Bersama/MoU terkait pengiriman dan pelabuhan (shipping and ports), yang menjadi dasar terlaksanannya pelayaran kedua negara.

“Saat ini tengah dibahas pula MoU untuk saling mengakui sertifikasi dan pelatihan untuk pelaut yang berasal dari kedua negara. Diharapkan MoU ini dapat segera disepakati dan bisa bermanfaat untuk kedua negara,” tuturnya.

 

“Kami berharap KBRI di Brunei Darussalam dapat turut membantu mengkomunikasikan, serta mendukung upaya peningkatan kerjasama di bidang transportasi antar kedua negara," tambahnya.

Tags : Pelayaran Indonesia

Berita Terkait