Termasuk Daerah Rawan, Wapres Maruf Amin Minta Aceh Mitigasi Bencana

| Selasa, 16/11/2021 19:58 WIB
Termasuk Daerah Rawan, Wapres Maruf Amin Minta Aceh Mitigasi Bencana KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin meminta pemerintah Provinsi Aceh melakukan mitigasi bencana sebagai daerah yang rawan bencana alam. Hal itu, menurutnya, harus dipersiapkan sedini mungkin untuk pencegahan terjadinya bencana alam.

"Saya ingatkan tentang bahaya bencana ini. Aceh ini termasuk rawan (bencana), jadi harus benar-benar bersiap sedini mungkin melalui mitigasi terhadap kemungkinan itu (bencana) terjadi," ujar Kiai Maruf seperti dikutip dari antaranews.com, Selasa, 16 November 2021.

Disampaikannya, bencana alam dapat terjadi kapan saja. Sehingga, ujarnya, untuk meminimalkan risiko dampak dari bencana itu, maka perlu dilakukan persiapan dan pencegahan sedini mungkin.

"Saya juga membuat seru-seruan, jangan sampai kita itu bersiap di saat waktu (bencana) datang, karena memang ini setiap tahun kita hadapi. Oleh karena itu, kita harus memitigasi dan menyiapkan langkah-langkahnya, meminimalkan bencana itu," tuturnya.

Menurut Wapres, berbagai langkah mitigasi bencana dapat dilakukan Pemprov Aceh, seperti mempersiapkan tempat penampungan sementara, dapur darurat, dan perawatan kesehatan. "Dengan demikian tidak ada korban yang terjadi karena sudah disiapkan, dan masyarakat sudah prepare, siap menghadapi setiap kemungkinan. Walaupun bencana itu datang, kita sudah siap dan memperkecil (dampak)," tandasnya.

Tags : Wapres , Maruf Amin , Aceh , Mitigasi , Bencana Alam