Reisa Tegaskan Hibah Vaksin COVID-19 Tunjukkan Kepedulian Dunia pada Indonesia

| Jum'at, 19/11/2021 20:21 WIB
Reisa Tegaskan Hibah Vaksin COVID-19 Tunjukkan Kepedulian Dunia pada Indonesia Vaksin Moderna COVID-19. (Doc: VOA Indonesia)

RADARBANGSA.COM - Indonesia kembali menerima hibah dosis vaksin dari luar negeri. Juru Bicara Pemerintah dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru, dr Reisa Broto Asmoro menegaskan bahwa hibah vaksin COVID-19 menunjukkan kepedulian dan perhatian dunia kepada Indonesia luar biasa.

"Hibah yang terus berdatangan menunjukkan bahwa perhatian dunia kepada Indonesia sangat luar biasa. Bukan saja karena kita negara besar yang harus dipastikan dapat tetap mengendalikan penyebaran COVID-19 seperti saat ini, namun antusiasme masyarakat Indonesia divaksinasi COVID-19 tinggi sekali," ujar Reisa dalam Siaran Pers PPKM secara daring di Jakarta, Jumat, 19 November 2021.

Dipaparkannya, Indonesia kembali kedatangan 4.059.290 dosis vaksin jadi Oxford-AstraZeneca dan 800 ribu dosis vaksin Moderna hibah dari Pemerintah Belanda membuat persediaan vaksin COVID-19 Indonesia kembali bertambah. Adapun kedatangan vaksin tersebut merupakan kedatangan tahap ke-124 dan 125.

Reisa menuturkan, hal ini menunjukkan betapa komitmen Pemerintah Indonesia menyediakan vaksin tetap tinggi. Bahkan pemerintah menekankan ke semua produsen vaksin untuk tetap berkomitmen memenuhi target pengiriman vaksin tahun ini sampai hari terakhir Desember 2021.

"Memastikan semua pengiriman tetap berjalan meski ada libur akhir tahun di negara produsen, atau karena stok vaksin di Indonesia dianggap aman karena penyediaan dari COVAX dan hibah berdatangan terus," kata Reisa.

Selanjutnya, tutur Reisa, penyuntikan vaksin dapat mencapai rata-rata 2 juta dosis per harinya. Pada hari ini, sudah lebih dari 220 juta suntikan diberikan kepada masyarakat. Target Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahwa 40 persen dari warga divaksin lengkap di akhir tahun ini pun sudah dilewati.

"Capaian-capaian Indonesia inilah yang diapresiasi oleh berbagai negara besar dan negara sahabat, dan mendapat terus hibah vaksin, dan apresiasi oleh fasilitas kerja sama Internasional seperti COVAX dengan memastikan suplai vaksin COVID-19 selalu tersedia di dalam negeri," tandasnya.

Tags : Reisa , Vaksin , Hibah , Moderna , AstraZeneca , COVID-19 , Indonesia

Berita Terkait