Pemerintah Apresiasi Pembentukan LTSA PMI Polewali Mandar

| Rabu, 24/11/2021 22:02 WIB
Pemerintah Apresiasi Pembentukan LTSA PMI Polewali Mandar Menaker Ida meresmikan pembentukan LTSA PMI Polewali Mandar (foto: kemnaker)

RADARBANGSA.COM - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah mengapresiasi pembentukan Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) di Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat, sebagai bentuk nyata dan komitmen dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan dan pelindungan bagi CPMI/PMI. 

"LTSA-PMI ini merupakan salah satu bentuk upaya kita semua untuk melakukan penguatan tata kelola penempatan dan pelindungan PMI dalam keseluruhan proses penempatan," kata Menaker Ida saat meresmikan LTSA-PMI di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Rabu(24/11/2021). 

Menurutnya, peran Pemerintah Kabupaten/Kota menjadi sangat sentral, utamanya dalam memberikan layanan informasi, membuat basis data PMI, dan menyelenggarakan, menyediakan, serta memfasilitasi pelatihan kerja kepada CPMI. 

"Saya meminta kepada semua pemangku kepentingan yang terlibat dalam proses pelayanan penempatan dan pelindungan CPMI/PMI di dalam LTSA-PMI ini dapat memperkuat dan berperan aktif untuk pelatihan CPMI," kata Menaker Ida. 

Lebih lanjut, Menaker Ida mengungkapkan, dampak dari pandemi COVID-19 turut berimbas dalam penempatan PMI karena banyak negara-negara penempatan yang menyatakan tertutup bagi warga negara asing demi melindungi warga negaranya. Menurutnya, Pemerintah terus bekerja keras untuk membangun kepercayaan dan memastikan negara-negara penempatan untuk menerima kembali PMI.

"Syukur Alhamdulillah, upaya kita membuahkan hasil, beberapa negara penempatan mulai membuka penempatan PMI di antaranya Hong Kong, Republik Korea, Taiwan, dan diharapkan dalam waktu dekat akan diikuti negara-negara lain," ucapnya. 

"Dengan adanya LTSA-PMI ini, dapat memberikan kesadaran bahwa mengurus dokumen untuk bekerja ke luar negeri itu mudah dan cepat, sehingga tidak ada alasan lagi bagi masyarakat kita untuk bekerja tanpa dokumen," ujarnya.

Tags : Menaker Ida , LTSA PMI

Berita Terkait