Negara-negara ASEAN Kompak Cegah Penularan HIV-AIDS di Tempat Kerja

| Kamis, 25/11/2021 17:48 WIB
Negara-negara ASEAN Kompak Cegah Penularan HIV-AIDS di Tempat Kerja Dirjen Binwasnaker dan K3, Haiyani Rumondang (foto: kemnaker)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) bersama negara-negara anggota ASEAN mendukung kebijakan pelaksanaan pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS di tempat kerja.

Menurut Dirjen Binwasnaker dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Kemnaker, Haiyani Rumondang, penangggulangan HIV-AIDS di tempat kerja masih menjadi tantangan berat bagi pembangunan dan masalah sosial, termasuk keterkaitan dengan sektor ketenagakerjaan.

"Untuk menjawab tantangan berat tersebut diperlukan perlindungan memadai dalam hal K3 dan berbagai upaya K3 secara komprehensif dengan mengedepankan upaya pencegahan (preventif)," kata Haiyani Rumondang dalam keterangan tertulisnya, Kamis 25 November 2021.

"Pekerja/buruh berperan besar dalam kegiatan produksi di tempat kerja, namun juga merupakan komunitas yang juga rentan akan tertular HIV," tambahnya.

Haiyani Rumondang mengatakan, sektor ketenagakerjaan memiliki peran strategis dalam mendukung keberhasilan program pengendalian HIV-AIDS di kawasan ASEAN.

Untuk itu, melalui 2nd Workshop on the Development of Guideline on HIV-AIDS Counselling and Testing at Workplace yang digelar pada Rabu 24 November 2021 kemarin, Haiyani mengharapkan dapat melahirkan sebuah pedoman konsultasi dan pengecekan tentang HIV AIDS di tempat kerja yang dapat digunakan oleh seluruh negara anggota ASEAN. 

"Salah satunya melalui perluasan layanan akses konseling dan tes HIV bagi pekerja dengan pelaksanaan konseling dan testing HIV-AIDS di tempat kerja atau VCT (Voluntary Counseling and Testing at workplace), serta penyusunan buku panduan di tingkat nasional maupun regional," katanya.

Tags : HIV , AIDS , Kemnaker , Ketenagakerjaan

Berita Terkait