DPR Dukung Pengembangan Industri Halal Indonesia

| Jum'at, 26/11/2021 20:12 WIB
DPR Dukung Pengembangan Industri Halal Indonesia Rapat Paripurna DPR RI. (Foto: Ilustrasi)

RADARBANGSA.COM - Komisi VII DPR RI melakukan kunjungan kerja spesifik ke PT Charoen Pokphand Indonesia (CPI) di Cikande, Serang, Kamis 25 November 2021. 

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Donny Maryadi Oekon mengatakan, PT CPI, salah satu perusahaan yang menerapkan produk halal di Kawasan Modern Estate, Cikande, Serang. 

Soal kawasan industri halal, Donny Maryadi menyampaikan bahwa tidak ada kata terlambat bagi pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perindustrian untuk mengembangkan industri halal di Indonesia. Kendati negara lain sudah lebih dulu mengembangkan industri halal.

“Singapura dan Thailand yang muslimnya tidak sebanyak Indonesia, sudah lebih dulu mengembangkan industri halal. Tapi tentu tidak ada kata terlambat untuk memulai dan mengembangkan industri halal di Indonesia.

Donny menyakini, Indonesia menjadi lead dari negara-negara di Asia Tenggara meski mereka lebih dulu memulainya. Oleh karena itu, ia mendukung beberapa langkah yang diusulkan pemerintah, diantaranya penyediaan infrastruktur terpadu termasuk didalamnya insentif fiskal bagi perusahaan produk halal, fasilitas dan pembentukan rantai nilai halal.

"Insentif fiskal untuk produk halal salah satu jalan, karena memang ongkos distribusi kita tinggi. Kenapa fasilitas? Karena memang kita memang tidak ada kapal  khusus untuk ekspor produk halal sehingga ongkos distribusi ekspor jadi tinggi," ungkapnya.

Tags : Industri Halal Indonesia , Komisi VII DPR

Berita Terkait