SDGs Desa Diyakini Bangkitkan ASEAN dari Pandemi Covid-19

| Jum'at, 26/11/2021 21:41 WIB
SDGs Desa Diyakini Bangkitkan ASEAN dari Pandemi Covid-19 Direktur Jenderal PDP, Kemendes PDTT, Sugito (foto: kemendesa)

RADARBANGSA.COM - Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan (PDP) Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Sugito, turut menghadiri acara ASEAN Ministerial Meeting on Rural Development and Proverty Eraducation (AMMRDPE) secara virtual, Jumat 26 November 2021. Ia hadir mewakili Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar.

Dalam kesempatan itu, Sugito menyampaikan bahwa konsep pembangunan berkelanjutan melalui SDGs Desa yang tengah digalakkan di Indonesia menjadi salah satu kunci kebangkitan negara-negara ASEAN bangkit dari dampak Pandemi Covid-19. Dimana SD

“Indonesia sangat meyakini bahwa pembangunan perdesaan yang berkelanjutan dapat memainkan peran utama bagi sebagian besar Negara Anggota ASEAN berjuang melalui pandemi ini,” ujar Sugito.

Melalui Kemendesa PDTT, lanjut Sugito, telah menyusun arah pembangunan berkelanjutan hingga level desa. SDGs Desa merupakan upaya terpadu percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan, berisi penyederhanaan tujuan, pelokalan sasaran di desa-desa dan penyesuaian indikator tujuan agar menjadi lebih konkrit, fokus, mudah dicapai, mudah diukur dan realistis dari SDGs 2030.

“17 SDGs Global yang ditetapkan telah dilokalkan Kemendesa PDTT pada 18 SDGs Desa dengan menambahkan tujuan Keleembagaan Desa Dinamis dan Budaya Desa Adaptif,” ujarnya.

Sugito mengungkapkan dalam upaya mencapai tujuan yang tercapai dalam SDGs Desa, saat ini dilakukan pendataan desa secara besar-besaran. Pendataan desa ini dilakukan secara komprehensif by name by adress.

“Data ini kemudian dijadikan sebagai patokan untuk melakukan rencana aksi sesuai dengan tujuan SDGs Desa. Dengan demikian rencana aksi benar-benar masalah di lapangan dan tepat sasaran,” katanya.

Tags : SDGs Desa , Kemiskinan Esktrem

Berita Terkait