Angkie: Pembentukan Komnas Bukti Keberpihakan Pemerintah pada Hak Penyandang Disabilitas

| Rabu, 01/12/2021 22:11 WIB
Angkie: Pembentukan Komnas Bukti Keberpihakan Pemerintah pada Hak Penyandang Disabilitas Angkie Yudistia (Staf Khusus Presiden). (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik tujuh anggota Komisi Nasional (Komnas) Disabilitas di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 1 Desember 2021. Pembentukan komnas tersebut diapresiasi Staf Khusus (Stafsus) Presiden, Angkie Yudistia.

Menurutnya, pembentukan Komnas Disabilitas adalah bukti nyata bahwa pemerintah jelas dan tegas memperhatikan perlindungan dan penghormatan hak-hak penyandang disabilitas. Hal ini, lanjutnya, sebagai langkah positif atas kesetaraan penyandang disabilitas.

“Berdirinya Komisi Nasional Disabilitas ini adalah sebagai langkah awal yang positif atas kesetaraan penyandang disabilitas untuk menciptakan lingkungan yang inklusif di Indonesia yang ramah terhadap disabilitas,” ujar Angkie.

Disampaikannya, pelantikan ini juga wujud komitmen Presiden Jokowi dalam merealisasikan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. “Hari ini kita melalui sejarah Indonesia bahwa Bapak Presiden telah melantik tujuh komisioner Komisi Nasional Disabilitas yang di mana sebagai komitmen Bapak Presiden telah merealisasikan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, dan diperkuat oleh Peraturan Presiden Nomor 68 Tahun 2020 tentang Komisi Nasional Disabilitas,” tuturnya.

Pelantikan keanggotaan Komnas Disabilitas oleh Presiden Jokowi hari ini didasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 53/M Tahun 2021 tentang Pengangkatan Keanggotaan Komisi Nasional Disabilitas. Adapun nama-nama para anggota Komnas yang dilantik tersebut adalah:

  1. Dante Rigmalia, sebagai Ketua merangkap Anggota;
  2. Deka Kurniawan, sebagai Wakil Ketua merangkap Anggota;
  3. Eka Prastama Widiyanta, sebagai Anggota;
  4. Kikin Purnawirawan Tarigan Sibero, sebagai Anggota;
  5. Fatimah Asri Mutmainah, sebagai Anggota;
  6. Jonna Aman Damanik, sebagai Anggota; dan
  7. Rachmita Maun Harahap, sebagai Anggota.
Tags : Komnas Disabilitas , Angkie Yudistia , Jokowi , Indonesia

Berita Terkait