Gus Menteri Dukung Pengembangan Desa Wisata

| Jum'at, 10/12/2021 18:55 WIB
Gus Menteri Dukung Pengembangan Desa Wisata Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar (Foto: kemendes)
RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengungkapkan pariwisata di desa-desa wisata membuat desa berkembang dan maju.
 
”Dampak baik dari desa wisata adalah kemajuan desa. Hal itu tampak pada peningkatan pendapatan asli desa (PADes), desa menjadi terkenal, pengalaman baru bagi warga masyarakat dan generasi muda, dan sejumlah dampak kemajuan lain,” kata Mendes PDTT Halim Iskandar di Indramayu, Jawa Barat, Kamis 9 Desember 2021.
 
Gus Menteri, sapaan akrabnya mengatakan, Kemendes PDTT sangat mendukung upaya desa dalam mengembangkan wisata desa. Menurutnya, dalam mengembangkan wisata desa harus dilakukan secara bersama-sama.
 
"Dampak yang baik inilah yang dibutuhkan untuk percepatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. Karena itu, saya mengajak agar desa wisata terus dikembangkan," katanya.
 
Gus Halim mencontohkan Desa Wisata Ujunggebang Kecamatan Sukra, Kabupaten Indramayu sebagai salah satu praktik terbaik (best practice) dari pengembangan dan pembangunan desa di Indonesia.
 
"Desa wisata pantai ini dulunya tempat sampah yang saat ini sudah bagus dan bersih. Para pemuda-pemuda di desa ini begitu kompak karena mereka bergerak untuk membersihkan selama lima bulan untuk ngurusin sampah ini, hingga menjadi desa wisata," tuturnya. 
Tags : Gus Menteri , Kemendes PDTT , Dana Desa

Berita Terkait