Lewat Program Transformasi BLK, Kemnaker Siap Bangun Balai Latihan Kerja Bengkulu

| Senin, 13/12/2021 15:20 WIB
Lewat Program Transformasi BLK, Kemnaker Siap Bangun Balai Latihan Kerja Bengkulu Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah (foto: kemnaker)
RADARBANGSA.COM - Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) siap membangun dan mengelola Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi Bengkulu sebagai program tranformasi BLK menjadi Unit Pelaksana Teknis Pusat (UPTP) Kemnaker.
 
 
"Kita ingin membangun kompetensi SDM angkatan kerja di Bengkulu ini, adalah angkatan kerja yang memiliki kompetensi berdaya saing. Tak hanya tingkat nasional tapi juga berdaya saing di tingkat global, " ujar Menaker Ida Fauziyah dalam keterangan tertulisnya, Minggu 12 Desember 2021.
 
 
Diketahui, Pemprov Bengkulu menyerahkan aset sebanyak 2 lokasi di atas lahan seluas 2 hektar di Jalan Meranti kota Bengkulu dan 5,2 hektar di Jl. Raya Kembang Seri, Air Sebakul Km 6,5, Desa Tabalagan, Kembang Seri, Kabupaten Bengkulu Tengah, sehingga total menjadi 7,2 hektar untuk dibangun dan dijadikan BLK UPTP Kemnaker. 
 
Menurut Menaker Ida, untuk menjadikan BLK berdaya saing nasional dan internasional, kejuruan prioritas yang akan dikembangkan di BLK UPTP Kemnaker nantinya, berdasarkan asesmen kebutuhan pasar kerja di provinsi Bengkulu seperti pertukangan, menjahit dan otomotif. 
 
"Di luar itu kita juga akan membuka jurusan yang dibutuhkan pasar kerja ke depan, seperti pariwisata. Saya kira Bengkulu merupakan provinsi yang memiliki daya tarik wisata dan harus disiapkan SDM-nya. Salah satu yang dibangun jurusan perhotelan (hospitality)," ujar Ida Fauziyah. 
 
Sementara itu, Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, menilai transformasi BLK ini akan menjadi bagian dari solusi paling efektif untuk mengurangi pengangguran sekaligus menyiapkan tenaga kerja Bengkulu untuk siap bekerja. 
 
"Apabila masyarakat sudah mendapatkan pekerjaan tetap, maka dia akan mendapatkan penghasilan, dan penghasilan itu akan meningkatkan kesejahteraan keluarga," ujar Rohidin.
Tags : BLK Lembang , Kemnaker

Berita Terkait