Kemenkes Luncurkan Blue Print Strategi Transformasi Digital Kesehatan 2024

| Kamis, 16/12/2021 21:54 WIB
Kemenkes Luncurkan Blue Print Strategi Transformasi Digital Kesehatan 2024 Ketua Satgas PEN Budi Gunadi Sadikin (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama United Nations Development Programme (UNDP) meluncurkan blue print Strategi Transformasi Digital Kesehatan 2024, Kamis 16 Desember 2021.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, transformasi dari strategi sistem teknologi kesehatan yang diluncurkan adalah memastikan bahwa fokus dari teknologi digital kesehatan berubah dari sifatnya pelaporan menjadi pelayanan.

"Saya meminta agar teman-teman yang berkaitan dengan transformasi sistem teknologi kesehatan ini mengubah fokus bukan melaporkan ke pejabat tapi fokusnya melayani masyarakat,” kata Menkes Budi Gunadi Sadikin.

Menurut Budi Gunadi, Kemenkes merupakan elemen tertinggi di sektor kesehatan dan harus bisa memberikan kesempatan sebesar-besarnya kepada inovator-inovator untuk berinovasi menciptakan aplikasi-aplikasi sistem teknologi kesehatan yang sebaik-baiknya untuk melayani masyarakat.

“Kita harus fokus menciptakan platform teknologi informasi digital yang bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh para stakeholder. Untuk membuat platform yang baik dengan sistem data kesehatan yang baik, harus ada cetak biru (blue print) yang jelas,” tukasya.

Dalam melakukan transformasi digital kesehatan, lanjutnya, ada beberapa prinsip yang harus diperhatikan yakni harus berubah yang tadinya fokus ke pelaporan bagi pejabat menjadi pelayanan bagi masyarakat.

“Saya percaya bahwa teknologi digital kesehatan ke depannya baik itu berkaitan dengan big data, berkaitan dengan artificial intelligence, dan berkaitan dengan machine learning, itu akan berubah secara drastis," katanya.

Tags : kemenkes