Waspada! Menkes Sebut Kasus Omicron di Indonesia Capai 152 Orang

| Senin, 03/01/2022 22:25 WIB
Waspada! Menkes Sebut Kasus Omicron di Indonesia Capai 152 Orang Varian Omicron COVID-19. (Foto: idxchannelcom)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengumumkan jumlah pasien terinfeksi varian baru COVID-19, Omicron di seluruh Indonesia sudah mencapai total 152 orang. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa kasus Omicron di Tanah Air didominasi para pelaku perjalanan internasional.

"Sebanyak 146 merupakan kasus impor dan enam kasus transmisi lokal," kata Budi seperti dilansir dari antaranews.com, Senin, 3 Januari 2022.

Dijelaskannya, dari total 152 kasus Omicron setengahnya tanpa gejala dan setengahnya lagi sakit ringan. Saat ini, lanjutnya, 34 orang pasien kasus Omicron telah kembali ke rumah.

"Mereka tidak butuh oksigen dan saturasinya masih di atas 95 persen. Sekitar 23 persen atau 34 orang sudah kembali ke rumah. Sampai sekarang tidak ada yang membutuhkan perawatan serius di RS, cukup diberi obat dan vitamin,” terangnya.

Budi mengungkapkan, kasus Omicron yang masuk ke Indonesia didominasi para pelaku perjalanan dari luar negeri seperti negara Turki, Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan USA. Karena itu, Menkes Budi mengimbau agar masyarakt tidak melakukan perjalanan ke luar negeri sementara waktu, terutama kelima negara tersebut.

Tags : Kemenkes RI , Omicron , COVID-19 , Indonesia