Wapres Maruf Amin Ungkap Kunci Pembangunan Papua

| Selasa, 04/01/2022 17:16 WIB
Wapres Maruf Amin Ungkap Kunci Pembangunan Papua KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin menyampaikan kunci utama percepatan pembangunan wilayah Papua. Diungkapkannya, ada dua kunci utama yakni kesejahteraan dan keamanan bagi masyarakat setempat sehingga pembangunan Papua dapat berjalan lancar.

"Kami (pemerintah) ingin membangun Papua, membangun kesejahteraan Papua, Papua yang sejahtera tapi yang aman. Itu dua hal yang tidak bisa dipisahkan," kata Kiai Maruf dalam keterangannya dari Biro Pers, Media dan Informasi (BPMI) Sekretariat Wapres (Setwapres) di Jakarta, Selasa, 4 Januari 2022.

Dijelaskannya, untuk mewujudkan percepatan pembangunan di tanah Papua tersebut, pemerintah merancang induk yang didasarkan sesuai kebutuhan masyarakat. "Kami mendesain rencana induk percepatan pembangunan Papua, yang pandangan kami bahwa prospek Papua itu harus seperti ini; tapi kami juga mendengarkan keinginan orang-orang Papua seperti apa," tuturnya.

Oleh karena itu, guna mempercepat pembangunan di tanah Papua, Wapres mengatakan pemerintah terus melakukan dialog dan berkomunikasi dengan masyarakat Papua dan Papua Barat. "Kami terus melakukan komunikasi dengan mereka, apa yang mereka butuhkan. Juga pendekatan
keamanan, kami tidak ingin memerangi mereka, tetapi justru ingin melindungi masyarakat supaya tidak terganggu keamanannya," imbuh Kiai Maruf.

Salah satu upaya pemerintah dalam mempercepat pembangunan kesejahteraan bagi masyarakat di tanah Papua adalah terus berkomunikasi dengan tokoh adat, tokoh agama, tokoh perempuan, dan akademisi. "Kami terus melakukan komunikasi dengan mereka. Apa yang mereka sebenarnya butuhkan. Ini yang sedang kami terus lakukan," tuturnya.

Hingga saat ini, tambah Kiai Maruf, pemerintah terus berupaya membangun berbagai fasilitas umum di Papua seperti fasilitas pendidikan, kesehatan, serta membangun infrastruktur untuk kesejahteraan masyarakat Papua.

Tags : Wapres , Maruf Amin , Papua , Kesejahteraan , Keamanan , Indonesia