Kejar Target Vaksinasi Covid-19, Kapolri Luncurkan `Vaksinasi Merdeka` Anak 6-11 Tahun

| Rabu, 05/01/2022 21:35 WIB
Kejar Target Vaksinasi Covid-19, Kapolri Luncurkan `Vaksinasi Merdeka` Anak 6-11 Tahun Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo saat meninjau pelaksanaan vaksinasi untuk anak 6-11 tahun di Jakarta Pusat (foto: kemkes)

RADARBANGSA.COM - Sebagai bentuk sinergi percepatan vaksinasi COVID-19 bagi anak usia 6-11 tahun, Kapolri Jenderal Polisi, Listyo Sigit Prabowo Meluncurkan Vaksinasi Merdeka Anak Usia 6-11 tahun serentak di 30 Provinsi di SDN Mangga Dua Selatan 01 Sawah Besar, Jakarta Pusat, Rabu 5 Januari 2022.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, menargetkan sebanyak 2,6 juta anak usia 6-11 tahun telah divaksinasi sampai akhir Januari 2022 guna mendukung tercapainya target nasional vaksinasi anak sebanyak 26 juta di seluruh Indonesia.

“Anak-anak kita adalah generasi yang mengisi posisi penting di tahun 2045 karena tahun 2030 kita memiliki potensi 60 persen masyarakat kita berada di usia produktif. Untuk bisa mempersiapkan SDM unggul, mau tak mau anak-anak kita harus kita jaga dari risiko terkait munculnya varian baru atau varian-varian yang nanti muncul. Yang kita lakukan salah satunya memberikan kekebalan imunitas dengan vaksin,” ujar Kapolri Listyo Sigit

Dilansir kemkes, Kapolri menuturkan bahwa target vaksinasi tersebut bertujuan untuk mendukung pembelajaran tatap muka (PTM) yang mulai dilaksanakan 100% pada pekan ini dan melindungi anak-anak dari keterpaparan COVID-19 khususnya varian baru yaitu Omicron yang perkembangannya cukup cepat.

Sementara itu, Wamenkes Dante menambahkan, kegiatan vaksinasi ini perlu segera dilakukan agar anak-anak dapat terproteksi secara maksimal. Ia menambahkan bahwa anak-anak dapat berpotensi menjadi carrier yang dapat menimbulkan cluster baru di sekolah maupun dirumahnya.

“Seperti yang diketahui, kejadian COVID-19 pada anak di Indonesia cukup rendah, namun menjadi kejadian COVID-19 dan kematian akibat paling tinggi pada usia anak di Asia Pasifik, sehingga kita harus melakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi ini pada anak-anak” katanya.

Tags : Virus Corona , Covid19 , Vaksinasi

Berita Terkait