Kunker ke Sumsel, Menkes Budi Sadikin: RS Perlu Kembangkan Layanan Kesehatan Unggulan

| Kamis, 06/01/2022 17:58 WIB
Kunker ke Sumsel, Menkes Budi Sadikin: RS Perlu Kembangkan Layanan Kesehatan Unggulan Ketua Satgas PEN Budi Gunadi Sadikin (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meninjau sejumlah rumah sakit di Sumatera Selatan (Sumsel), diantaranya RS Rivai Abdullah, RSUP Dr. Mohammad Husein, dan RSUD Siti Fatimah, Rabu 5 Januari 2022 kemarin.

Dihadapan Gubernur Sumsel, Herman Deru dan jajaran rumah sakit di Provinsi Sumatera Selatan, Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan, rumah sakit harus mampu mengembangkan layanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Kita harus mulai melihat, layanan rumah sakit seperti apa yang dibutuhkan masyarakat, karena masing-masing daerah memiliki epidemiologis yang berbeda. Namun untuk saat ini hampir di semua daerah sama, yaitu penyebab kematian paling tinggi adalah : jantung, stroke dan kanker. Jadi kita bisa arahkan kesana,” kata Budi Sadikin.

Menurut Budi Sadikin, setiap rumah sakit bisa menetapkan sendiri layanan unggulan apa yang ingin dikembangkan. Ia menyontohkan salah satu layanan unggulan yang bisa dikembangkan rumah sakit adalah layanan untuk penyakit jantung. 

“Bedah jantung terbuka di Indonesia hanya bisa di 20 provinsi, akibatnya antriannya menjadi panjang. Sekarang bagaimana kita bisa lebih cepat menanganinya. Alat mungkin dapat kita penuhi, namun yang menjadi masalah adalah ketersediaan SDM Kesehatan,” terangnya.

Selain itu, kata Budi Sadikin, pengembangan layanan kesehatan tidak hanya soal penyediaan alat-alat yang canggih, namun harus didukung oleh management, komitmen, dukungan finansial dan ketersediaan SDM kesehatan yang berkualitas.

“Untuk memenuhi ketersediaan SDM Kesehatan, kami telah menjalin kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi untuk mempercepat mencetak dokter-dokter ahli,” tuturnya.

Tags : Rumah Sakit , Kemenkes

Berita Terkait