Lindungi Konsumen, Kemendag Dukung Sistem CEIR Jadi Pusat Pengelolaan Data IMEI

| Kamis, 06/01/2022 21:03 WIB
Lindungi Konsumen, Kemendag Dukung Sistem CEIR Jadi Pusat Pengelolaan Data IMEI Cek IMEI (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendukung berbagai upaya untuk melindungi masyarakat dari produk yang tidak aman dan tidak berkualitas.

Dukungan tersebut salah satunya dengan menyambut baik proses serah terima sistem Central Equipment Identity Register (CEIR) dari Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) ke pemerintah melalui penandatanganan Dokumen Hibah Sistem CEIR.

“Langkah ini diharapkan dapat melindungi konsumen dengan menekan dampak negatif masifnya penggunaaan perangkat telekomunikasi seluler. Dampak tersebut seperti meningkatnya kejahatan siber yang menggunakan perangkat selular seperti terorisme, penipuan, siaran ilegal, penyebaran hoaks, dan pembobolan rekening,” ungkap Direktur Jenderal Pemberdayaan Konsumen dan Tertib Niaga, Kemendag, Veri Anggrijono dalam keterangan tertulisnya, Kamis 6 Januari 2022.

Veri menjelaskan bahwa CEIR berfungsi sebagai pusat pengelolaan data International Mobile Equipment Identity (IMEI) yang mengintegrasikan sistem Equipment Identity Register (EIR) dari seluruh operator penyelenggara telekomunikasi ATSI.

"Sistem CEIR dibangun sebagai implementasi dari pengendalian IMEI perangkat telekomunikasi selular seperti handphone, komputer genggam, dan tablet (HKT)," tambahnya.

Diketahui, IMEI dikeluarkan oleh GSMA (Global System for Mobile Association) untuk mengidentifikasi perangkat selular dan mengendalikan perangkat selular mengakses jaringan selular operator.

Veri berharap, seluruh instansi terkait dapat terus menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing dalam menyukseskan program pengendalian IMEI Nasional.

“Hal itu guna menyehatkan tata niaga produk HKT sesuai ketentuan peraturan perundangundangan sekaligus untuk melindungi masyarakat dari produk yang tidak aman/tidak berkualitas,” tukasnya.

Tags : Kemendag , IMEI , CEIR , Handphone

Berita Terkait