Pemerintah Lauching Vaksinasi Booster di Puskesmas Kramat Jati

| Rabu, 12/01/2022 16:46 WIB
Pemerintah Lauching Vaksinasi Booster di Puskesmas Kramat Jati Seorang warga Jakarta saat dilakukan vaksinasi booster di Puskesmas Kramat Jati (foto: kemkes)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah secara resmi memulai vaksinasi booster bagi masyarakat dari usia 18 tahun hingga lansia di Puskesmas Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu, 12 Januari 2022.

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr. Maxi Rein Rondonuwu mengatakan semua tahapan pelaksanaan vaksinasi booster di Puskesmas Kramat Jati telah dilakukan terutama dalam memastikan persyaratan penerima vaksinasi booster, yakni telah lengkap 2 dosis vaksin dan minimal telah lewat 6 bulan pasca vaksinasi dosis kedua.

“Yang menarik di sini adalah pelaksanaan vaksinasi booster beriringan dengan vaksinasi dosis pertama dan kedua, dan vaksinasi anak usia 6-11 tahun. Ini bisa jadi percontohan untuk fasilitas kesehatan lainnya dalam melaksanakan vaksinasi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kramat Jati dr. Inda Mutiara mengatakan, vaksin booster di wilayah Puskesmas Kramat Jati telah disiapkan 150 dosis untuk hari ini. Pihaknya sedang memproses pemenuhan logistik vaksin untuk vaksinasi booster selanjutnya.

“Kemarin kami sampaikan kepada lurah setempat bahwa vaksin booster sudah bisa diakses di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati. Kemudian sasarannya adalah Lansia dan kelompok rentan, serta usia 18 tahun ke atas,” ucap dr. Inda.

Vaksinasi booster dilaksanakan gratis. Jenis vaksin yang diberikan adalah Pfizer atau AstraZeneca bagi vaksin primer Sinivac, dan vaksin Moderna bagi vaksin primer AstraZeneca.

 

Tags : Vaksinasi Booster

Berita Terkait