Menparekraf Tegaskan MotoGP Mandalika 2022 Tetap Berlangsung

| Jum'at, 21/01/2022 22:16 WIB
Menparekraf Tegaskan MotoGP Mandalika 2022 Tetap Berlangsung Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB. (Foto: gridoto)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan bahwa penyelenggaraan ajang MotoGP Mandalika 2022 di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) harus tetap berlangsung. Akan tetapi, penerapan koridor perjalanan antarnegara selama pandemi berupa travel bubble untuk seluruh kru, pembalap, dan ofisial yang terlibat juga harus dilakukan.

“Jadi kami sudah menyampaikan bahwa the show must go on dengan menyiapkan travel bubble yang merupakan best practice yang selama ini dilakukan terhadap kru dan pebalap pada acara serupa sebelumnya," kata Sandiaga seperti dikutip dari antaranews, Jumat, 21 Januari 2022.

Diungkapkannya, tidak ada perlakuan khusus terhadap pembalap, kru, maupun ofisial yang akan berpartisipasi di ajang balap motor kelas dunia itu. "Semua orang yang datang dari luar negeri akan menjalani pola travel bubble," tegasnya.

Penerapan travel bubble ini, jelasnya, juga sudah diujicobakan dalam persiapan perhelatan G20 di Bali dan di Jakarta pada Desember 2021 lalu, serta gelaran World Superbike (WSBK) 2021 di Mandalika. Bahkan, lanjutnya, persiapan penerapan protokol kesehatan (prokes) perjalanan antarnegara tersebut, akan ditingkatkan agar tidak memicu potensi kasus penyebaran COVID-19 baru yang diakibatkan oleh varian Omicron.

“Ini arahan dari Presiden (Joko Widodo) juga. Saya yakin semua pihak bergandengan tangan untuk menyiapkan dan memastikan bahwa MotoGP ini sinyal kepada dunia tentang kesiapan kita untuk menyelenggarakan event internasional, seperti G20 dan konferensi internasional lainnya,” tuturnya.

Jelang penyelenggaraan MotoGP 2022, panitia penyelenggara MotoGP lokal di Mandalika telah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), melalui Satgas Penanganan COVID-19, berdasarkan prioritas pemerintah untuk pengendalian virus corona tersebut.

Tags : Menparekraf , MotoGP , Mandalika , Travel Bubble , Indonesia