Cegah Pungli, Tito Karnavian Dorong Pemda Bikin Mal Pelayanan Publik

| Minggu, 06/02/2022 15:15 WIB
Cegah Pungli, Tito Karnavian Dorong Pemda Bikin Mal Pelayanan Publik Mendagri Tito Karnavian (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mendorong agar setiap daerah memiliki Mal Pelayanan Publik (MPP). Menurutnya, MPP mampu mencegah pungutan liar (pungli) dan tindak pidana korupsi dalam proses pelayanan publik.

“Mal Pelayanan Publik ini akan dapat mencegah tindak pidana korupsi, pungli khususnya,” ujar Mendagri Tito Karnavian dalam keterangan tertulisnya, Minggu 6 Februari 2022.

Ia menambahkan bahwa keberadaan MPP di setiap daerah dapat mempermudah berbagai urusan masyarakat dan ini merupakan amanat langsung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma’ruf Amin.

“Semua transaksi tidak ada yang tunai, tapi menggunakan bank yang ada di situ juga, ini akan jauh mengurangi pungli,” tuturnya.

Tito menuturkan, melalui sistem transparan dan akuntabel inilah keberadaan MPP akan semakin mendorong kepastian dan kemudahan dalam mengurus berbagai kebutuhan masyarakat, termasuk perizinan usaha.

“Mal Pelayanan Publik ini juga untuk membuat kepastian perizinan berusaha lebih mudah,” tuturnya.

Dengan sederet manfaat dan kemudahan yang didapatkan masyarakat atas keberadaan MPP, lanjut Tito Karnavian, setiap daerah memiliki komitmen untuk memudahkan pelayanan publik dengan menyediakan fasilitas tersebut.

Tags : Mal Pelayanan Publik

Berita Terkait