Idap Tumor dan Kanker, Nihayatul Wafiroh: Kita Doakan Riqi Lekas Pulih

| Senin, 14/02/2022 16:43 WIB
Idap Tumor dan Kanker, Nihayatul Wafiroh: Kita Doakan Riqi Lekas Pulih Mohammad Riqi, bocah pengidap penyakit kanker dan tumor (foto istimewa)

RADARBANGSA.COM - Seorang bocah bernama Muhammad Riqi didiagnosis mengidap kanker otot, tumor mata dan hidrocepalus sekaligus. Wajah Riqi Nampak membengkak akibat dari serangan penyakit ganas di tubuhnya mungilnya.

Riqi yang seharusnya sekolah di jenjang Sekolah Dasar kelas akhir itu tak bisa mengenyam pendidikan karena kondisinya yang tidak memungkinkan untuk sekolah. Meski demikian, Riqi Nampak tegar dan selalu berupaya ceria menjalani kehidupan sehari-hari.

Melihat kondisi Riqi yang cukup memprihatinkan, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Nihayatul Wafiroh terketuk untuk membantu. Perempuan yang karib disapa Ninik ini gerak cepat mengontak Direktur RSUD Dr Soetomo, dr. Joni Wahyuhadi untuk segera menangani penyakit yang diderita Riqi.

“Saya pertama dapat info soal Ananda Riqi dari facebook. Ada yang tag akun saya dan memerlukan bantuan untuk pengobatan Riqi. Waktu itu saya langsung kontak Dokter Joni (Wahyuhadi) untuk menangani penyakit Riqi,” kata Ninik, Senin, 14 Februari 2022.

Gayung bersambut, dr. Joni merespon baik permintaan legislator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu untuk membantu mengobati Riqi. Menurut Ninik, dr. Joni siap menindaklanjutinya dengan menggelar rapat internal untuk menentukan tindakan apa yang perlu dilakukan untuk Riqi.

“Alhamdulillah dr Joni merespon baik. Beliau akan membantu Riqi. Dan hari Sabtu (12 Februari 2022) terakhir saya kontak beliau bagaimana penanganan medis terbaik untuk Riqi, kepastiannya hari ini (Senin) akan dikabari apakah perlu operasi atau bagaimana,” tutur Ninik.

Ketua bidang Kesehatan dan Penguatan Inklusi Disabilitas DPP PKB itu juga memohon dr Joni untuk memberikan fasilitas terbaik untuk bocah asal Dusun Srampong, Desa Segobang, Kecamatan Licin, Banyuwangi itu.

“Saya mohon betul dr Joni memberikan penanganan yang maksimal untuk adinda Riqi. Bagaimanapun dia itu punya hak yang seperti anak seusianya, ingin bermain, belajar, dan itu semua hilang karena sakit yang dideritanya. Kita doakan bersama semoga Riqi lekas pulih, sehat,” ungkap Ninik.

Terpisah, orang tua asuh Muhammad Riqi, Indri Syafira menyampaikan terimakasih kepada Ninik atas bantuan yang sudah diberikan. Berkat bantuan tersebut, kata Indri, Riqi saat ini mendapat prioritas penanganan oleh petugas kesehatan Dr. Soetomo Surabaya.

“Terimakasih banyak sudah membantu kami melalui akses yang diberikan Ning Ninik. Sehingga kami diperhatikan dan ada jawaban dari pihak RS Dr. Soetomo yang sudah memberikan jawaban bahwa Senin (hari ini) akan dirapatkan segera masalah anak asuh saya,” tutur Indri.

Tak hanya berat menanggung beban penyakit yang diderita, Riqi diketahui juga anak Yatim Piatu. Ayahnya meninggal dunia saat Riqi masih dalam kandungan, sementara ibunya meninggal saat dia masih balita.

Kisah pilu Riqi pun beredar luas di media sosial. Salah satu aku facebook bernama  Mariyana Real pun kerap memposting kabar update kondisi Riqi dan mantion ke beberapa akun tokoh masyarakat, salah satunya kepada Nihayatul Wafiroh.

“Semoga ada orang orang baik ibu Nihayatul Wafiroh yang membantu mu utk segera mendapat tindakan operasi ya nak 😭😭 semoga ujian yang kamu hadapi saat ini akan segera berakhir. insya Alloh riqi anak kuat anak hebat. dan perjuangan mu utk sembuh akan segera membawa hasil. bisa bermain dan bersosialisasi dg teman 2 sebaya mu 🙏,” tulis Mariyana.

Tags : PKB , Nihayatul Wafiroh , Mohammad Riqi