Kemnaker Serahkan Bantuan BLK Komunitas kepada 11 Ponpes di Jatim

| Senin, 21/02/2022 12:01 WIB
Kemnaker Serahkan Bantuan BLK Komunitas kepada 11 Ponpes di Jatim Serah terima gedung BLK Komunitas kepada 11 pesantren di Jatim (foto: kemnaker)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melakukan serah terima bantuan Gedung Workshop BLK Komunitas Tahun 2021 kepada 11 pondok pesantren yang berasal dari Ponorogo, Ngawi, Madiun, dan Bojonegoro.

Prosesi serah terima gedung workshop dilakukan oleh Sekretaris Jenderal Kemnaker, Anwar Sanusi dan Dirjen Binalavotas Kemnaker, Budi Hartawan di Ponpes Nurul Hikam Ponorogo, Jawa Timur, Minggu (20/2/2022) kemarin.

Dalam kesempatan itu, Sekjen Anwar dalam sambutannya menyatakan, pemberian bantuan gedung workshop BLK Komunitas ini di antara wujud keberpihakan pemerintah kepada lembaga-lembaga keagamaan.

Melalui BLK Komunitas, kata Sekjen Anwar, pemerintah menginginkan agar SDM para santri dan masyarakat yang ada di sekitar pesantren memiliki keterampilan, sehingga terus mampu menjaga tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Jadi lembaga-lembaga keagamaan tidak hanya mengajarkan ilmu-ilmu agama, tetapi juga mengajarkan terkait dengan ilmu-ilmu di mana dia bisa bertahan karena sebagaimana diketahui pesantren memiliki peran penting dalam menjaga akhlak, menjaga aqidah, menjaga peradaban, bahkan menjaga tegaknya NKRI," ucap Sekjen Anwar.

Oleh karena itu, Sekjen Anwar berharap bantuan gedung workshop ini dapat memberikan kesempatan bagi masyarakat sekitar untuk mendapatkan pelatihan vokasi guna meningkatkan kompetensinya.

"Kementerian Ketenagakerjaan sangat mengharapkan amanah yang diberikan kepada lembaga yang menerima BLK Komunitas ini dapat menciptakan putra dan putri daerah yang memiliki kompetensi yang berdaya saing, dan memiliki karakter yang kuat serta dapat memberikan manfaat yang besar bagi daerah, dan tentu saja kepada bangsa Indonesia," ucapnya.

Diketahui, sebelas Ponpes yang menerima bantuan gedung workshop tersebut yaitu Ponpes Nurul Hikam (Ponorogo), Ponpes KH Masduki Toyib (Ponorogo), Ponpes Ilhamul Qudus (Ponorogo), Ponpes Al-Hasanah (Ponorogo), Ponpes Darul Hidayah (Ponorogo), Ponpes Al Islah (Ponorogo), Ponpes Al-Islam Joresan (Ponorogo),  Ponpes Tarbiyatul Mutathowi`in (Madiun), Ponpes Arba`i Qahhar (Ngawi), dan Ponpes Al Madinah (Bojonegoro).

Tags : BLK , Kemnaker , BLK Komunitas