Gempa 6,1 M di Pasaman Barat, 2 Orang Meninggal dan 20 Luka-luka

| Jum'at, 25/02/2022 16:16 WIB
Gempa 6,1 M di Pasaman Barat, 2 Orang Meninggal dan 20 Luka-luka Pasca gempa di Pasaman Barat, salah satu fasilitas umum mengalami kerusakan. (Foto: Humas BMKG)

RADARBANGSA.COM - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Suharyanto melaporkan, dua orang meninggal dunia dan 20 orang warga luka-luka akibat gempa 6,1 magnitudo di Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), Jumat, 25 Februari 2022 pagi. Hingga saat ini, pihaknya masih melakukan koordinasi dan mengumpulkan data-data.

"Ternyata sudah ada yang korban jiwa, yaitu di Kabupaten Pasaman Barat, sudah ada data yang menyatakan dua orang meninggal dunia, 20 orang luka-luka. Itu data sementara," ujar Suharyanto, dalam konferensi pers secara daring, Jumat.

Dia berharap, pihaknya bisa memastikan jumlah korban jiwa dan kerugian akibat gempa. BNPB juga mengirimkan Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk memberikan pendampingan tanggap darurat bencana ke lokasi gempa.

“Kami akan memastikan kebutuhan dasar pengungsi dapat tersedia secara cepat,” tukas Suharyanto.

Ia juga melaporkan data kerugian material meliputi fasilitas pendidikan rusak berat satu unit, serta kerusakan pada fasilitas perbankan, balai pertemuan warga dan aula Kantor Bupati Pasaman Barat. Suharyanto juga mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan siap siaga terhadap potensi gempa susulan.

Tags : BNPB , Gempa Bumi , Pasaman Barat , Sumbar