Menkes Sebut Pemerintah Tengah Pertimbangkan Perubahan Status Pandemi COVID-19 Jadi Endemi

| Senin, 28/02/2022 16:30 WIB
Menkes Sebut Pemerintah Tengah Pertimbangkan Perubahan Status Pandemi COVID-19 Jadi Endemi Covid-19. (Credit: Radarbangsa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa pemerintah tengah menyusun strategi untuk mengubah status pandemi COVID-19 jadi Endemi. Disampaikannya, pemerintah juga tengah menyiapkan protokol disaat endemi nantinya. 

"Kami juga mendapatkan arahan dari Bapak Presiden tadi atas masukan Bapak Menko mengenai strategi dari pandemi menjadi endemi, kami sudah siapkan protokolnya," kata Budi seperti dilansir Okezone, Senin, 28 Februari 2022.

Dijelaskannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar keputusan tersebut dipertimbangkan secara matang dan diperhitungkan dari semua sudut pandang. Tak hanya itu, pemerintah juga harus mempertimbangkan berbagai pendekatan baik sisi sains, kesehatan, sosial, budaya, dan ekonomi. 

"Arahan Bapak Presiden agar diterapkan dengan hati-hati dan agar pertimbangan saintifik-nya, pertimbangan kesehatannya digunakan secara berimbang dengan pertimbangan sosial budaya maupun ekonomi," tukasnya.

Budi mengatakan di berbagai negara yang sudah mencabut berbagai pembatasan terkait COVID-19, mereka mempertimbangkan berbagai pendekatan, tidak hanya pendekatan kesehatan dan saintifik saja. "Kami memahami bahwa tidak bisa hanya pertimbangan kesehatan atau saintifik saja yang digunakan dan itu juga yang terjadi di negara-negara lain," tandasnya. 

Tags : Menteri Kesehatan RI , Pandemi , COVID-19 , Endemi , Indonesia