Resmikan Sea Labs Indonesia, Jokowi Ungkap Potensi Ekonomi Digital

| Selasa, 01/03/2022 20:01 WIB
Resmikan Sea Labs Indonesia, Jokowi Ungkap Potensi Ekonomi Digital Ilustrasi teknologi digital. (Foto: winstarlinkcom)

RADARBANGSA.COM - Sea Labs Indonesia diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Gedung Pacific Century Place, SCBD, Jakarta, Selasa 1 Maret 2022. 

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi mengatan, potensi ekonomi digital Indonesia ini di tahun 2025 diperkirakan 146 miliar US Dollar dan kontribusi ekonomi digital Indonesia diproyeksikan naik delapan kali di tahun 2030, yaitu di angka Rp4.531 triliun.

"Ini sebuah angka yang sangat besar sekali. Dan, seluruh sektor digital juga mengalami pertumbuhan dua digit di tahun 2021,” kata Presiden Jokowi. 

Presiden Jokowi ingin agar talenta-talenta digital Indonesia, baik di bidang kecerdasan buatan (AI), cloud computing, hingga blockchain, yang ada di luar negeri diundang untuk kembali ke Tanah Air. 

“Saya kira banyak anak-anak kita yang ada di luar, yang perlu kita undang untuk kembali ke Tanah Air dalam rangka membangun sistem digital kita agar lebih baik dan kondusif lagi,” imbuhnya.

 

Presiden Jokowi pun mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Sea dan Sea Labs Indonesia yang telah mengundang talenta digital Indonesia untuk kembali ke Tanah Air. Bahkan, di tahun 2023 pihak Sea mengatakan akan mengundang sekitar 1.000 talenta digital untuk bisa kembali ke Indonesia untuk masuk di Sea maupun Sea Labs Indonesia.

“Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini. Kita harapkan bahwa perkembangan ekonomi digital ini bisa juga memicu pemasaran produk-produk UMKM yang seperti tadi saya lihat, dan memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi yang inklusif, yang merata, dan berkeadilan,” ungkapnya.

Tags : Ekonomi Indonesia , Ekonomi Digital

Berita Terkait