Pemerintah Lakukan Upaya Penanganan Darurat Banjir di Kota Serang

| Jum'at, 04/03/2022 18:16 WIB
Pemerintah Lakukan Upaya Penanganan Darurat Banjir di Kota Serang Aliran bendungan sindangheula (foto: pu)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah melakukan berbagai upaya untuk penanganan tanggap darurat banjir Kota Serang, Banten yang terjadi pada awal Maret 2022 akibat hujan dengan intensitas tinggi.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Banten, Kementerian PUPR Rozali Indra Saputra mengatakan, pihaknya terus melakukan pemutakhiran data dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi dan BPBD Kota Serang. 

"Terkait kebutuhan sarana dan prasarana dasar, Satgas tanggap darurat BPPW Banten saat ini telah mengirimkan bantuan berupa 2 (dua) unit Mobil Tangki Air bersih, 2 (dua) unit Hidran Umum, 1 (satu) mobil toilet untuk dapur umum di Gedung Juang Alun-alun kota Serang, dan lainnya," kata Rozali.

Menurut Rozali Indra Saputra, PUPR akan menambah bantuan perlengkapan/peralatan tanggap darurat sesuai kebutuhan dengan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah setempat.

Sementara Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cidanau Ciujung Cidurian, Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR memastikan bahwa Bendungan Sindangheula di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, masih aman dan turut mereduksi 2/3 luapan air di hilir Sungai Cibanten hingga Kota Serang. 

“Petugas telah kami tempatkan untuk terus memantau secara ketat kondisi bendungan dari waktu ke waktu. Saat ini bendungan dalam kondisi stabil dan aman serta mampu mereduksi 2/3 luapan air Cibanten ke arah hilir. Tidak betul informasi yang beredar bahwa Bendungan Sindangheula jebol,” kata Ketut Jayada. 

Diketahui sebelumnya, Kota Serang Banten dilanda banjir di lima kecamatan yakni Kasemen, Serang, Cipocok Jaya, Taktakan dan Curug. Akibat banjir ini, sekira 2.203 rumah terendam banjir.

Tags : Banjir Serang , Banten , PUPR , Bendungan Sindangheula

Berita Terkait