PT SMF Dorong Peningkatan Serapan KPR Subsidi untuk MBR

| Senin, 14/03/2022 19:12 WIB
PT SMF Dorong Peningkatan Serapan KPR Subsidi untuk MBR Salah satu kawasan perumahan (foto: Infobanknews.com)

RADARBANGSA.COM - Salah satu Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan (Kemenkeu), PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) telah berhasil mengalirkan dana pendamping untuk mendukung penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) sebesar Rp2,25 triliun.

“Seluruh dana tersebut di-blended dengan dana dari penerbitan surat utang, kemudian total dananya seluruhnya digunakan untuk mendukung program KPR FLPP dalam memenuhi target subsidi pembiayaan KPR FLPP bagi 157.500 unit rumah pada tahun 2021 bagi MBR,” kata Sekretaris Perusahaan SMF, Bonai Subiakto  dalam keterangannya, Senin 14 Maret 2022.

Menurut Bonai, program tersebut merupakan sinergi SMF dengan Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (BLU PPDPP) Kementerian PUPR. SMF menyediakan 25% dari porsi penyaluran dana KPR FLPP, sedangkan 75% porsi sisanya disediakan oleh BLU PPDPP.

“Pada tahun 2021, penyaluran dana KPR FLPP mencapai Rp24,19 triliun untuk 178.828 unit rumah. Porsi PPDPP (75%) sebesar Rp19,58 triliun, terdiri dari dana APBN sebesar Rp16,62 triliun dan pengembalian pokok sebesar Rp2,96 triliun. Porsi SMF sendiri sebesar 25% atau Rp4,62 triliun,” katanya.

Sementara itu, menurut Direktur Sekuritisasi dan Pembiayaan SMF Heliantopo mengatakan bahwa realisasi penggunaan dana PNM Tahun 2021 pada SMF di Provinsi Jawa Tengah sebesar Rp1.295 miliar untuk 9.742 unit rumah.

“Ini merupakan wujud dari kehadiran negara untuk mendukung peningkatan ekonomi masyarakat, khususnya masyarakat berpenghasilan rendah, dimana dana yang dialirkan untuk KPR subsidi ini berasal dari APBN yang digunakan sebesar-besarnya demi kesejahteraan masyarakat Indonesia,” terang Heliantopo.

Tags : Perumahan Subsidi , PMN , FLPP

Berita Terkait