Presiden Jokowi Perkirakan Pembangunan Ibu Kota Negara Selesai 15-20 Tahun

| Selasa, 15/03/2022 12:47 WIB
Presiden Jokowi Perkirakan Pembangunan Ibu Kota Negara Selesai 15-20 Tahun Presiden Jokowi berada di titik Nol IKN (foto: setkab)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara diperkirakan akan memakan waktu sekitar 15-20 tahun untuk menyelesaikan seluruhnya. Pasalnya, menurut Jokowi, membangun IKN Nusantara merupakan pekerjaan besar dan rumit. 

"Oleh sebab itu memang butuh waktu yang panjang antara 15-20 tahun baru bisa diselesaikan," kata Presiden Jokowi dilansir dari antaranews, Selasa, 15 Maret 2022.

Pembangunan IKN Nusantara akan segera dimulai setelah dilantiknya Kepala Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe pada Kamis (10/3) lalu. Menurut Presiden nantinya lembaga tersebut yang akan merancang perencanaan lebih terperinci terkait pembangunan IKN Nusantara, termasuk di dalamnya Detail Engineering Design (DED).

"Kelembagaan sudah ada, nanti perencanaan yang lebih detil, entah itu DED dan lain-lain juga disiapkan sehingga akan semakin kelihatan nanti. Tapi yang paling penting memang infrastruktur dasar itu harus segera dimulai," ujar Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memimpin prosesi penyatuan tanah dan air dari 34 provinsi yang dibawa gubernur masing-masing di Titik Nol IKN Nusantara, Senin (14/3). Diungkapkannya, hal itu memperlihatkan dukungan serta secara simbolis penyatuan kekuatan untuk memulai berdirinya IKN Nusantara.

Seluruh gubernur hadir membawa tanah dan air dari provinsi masing-masing kemudian disatukan di sini, artinya ini merupakan sebuah kekuatan besar dari negara kita Indonesia. Dan dukungan yang diberikan dari seluruh provinsi di Tanah Air ini akan sangat menyatukan dan akan memberikan kekuatan yang baik pada dimulainya ibu kota Nusantara ini," tandasnya. 

Tags : Jokowi , Ibu Kota Negara , Indonesia