BNPB Optimis Penyelenggaraan MotoGP di Mandalika dan Penanganan COVID-19 Berjalan Beriringan

| Rabu, 16/03/2022 20:08 WIB
BNPB Optimis Penyelenggaraan MotoGP di Mandalika dan Penanganan COVID-19 Berjalan Beriringan Kepala BNPB Letnan Jenderal Suharyanto (foto: bnpb)

RADARBANGSA.COM - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI Suharyanto optimis penyelenggaraan event internasional MotoGP Mandalika 2022 dapat berjalan sukses dan beriringan dengan penanganan COVID-19. Hal itu disampaikannya usai melakukan peninjauan protokol kesehatan (Prokes) di wilayah Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Rabu, 16 Maret 2022.

"Kami dari BNPB dan Satuan Tugas Penanganan COVID-19 sangat mendukung suksesnya MotoGP Mandalika 2022 ini," ujar Suharyanto.

Penyelenggaraan MotoGP di Indonesia kembali hadir setelah penantian panjang selama 25 tahun. Untuk itu, BNPB terus konsisten mendukung terselenggaranya MotoGP Mandalika 2022 dengan berbagai upaya, antara lain pelaksanaan vaksinasi sebagai penguatan kekebalan masyarakat, dan pembagian masker secara gratis yang sudah dilakukan sejak Jumat (12/3) lalu hingga dua pekan mendatang.

Suharyanto yang juga menjabat sebagai Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 menilai bahwa kesuksesan penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022 sekaligus menjadi kekuatan bagi Indonesia untuk bangkit dan menata kembali pertumbuhan ekonomi dari sektor pariwisata. Tentunya, hal itu harus mendapat dukungan dari berbagai komponen sehingga kesuksesan atas dua hal tersebut dapat berjalan beriringan.

“Jangan sampai pelaksanaan event sukses, namun upaya penanganan COVID-19 tidak sukses, ini harus beriringan,” tegasnya.

Program vaksinasi ini, menurut Suharyanto, menjadi syarat utama bagi siapapun yang ingin menyaksikan secara langsung MotoGP Mandalika 2022. Mantan Pangdam V Brawijaya itu memastikan, jika sudah memiliki sertifikat vaksin kedua, maka masyarakat tidak perlu lagi melakukan tes COVID-19 untuk menyaksikan laga para pembalab dunia di Sirkuit Pertamina Mandalika pada Jumat (18/3) hingga Minggu (20/3) nanti.

“BNPB telah mendukung melalui kebijakan seperti tidak adanya lagi tes antigen maupun Polymerase Chain Reaction (PCR) bagi para penonton maupun pengunjung sehingga dapat datang langsung ke Mandalika dengan ketentuan telah mendapatkan vaksin dosis dua dan tiga,” tuturnya.

Lebih lanjut, Suharyanto juga menjelaskan bahwa penyelenggaraan MotoGP pada 18 sampai 20 Maret 2022 mendatang dilakukan dengan sistem bubble, yakni tidak ada interaksi pertemuan langsung antara pendukung, penonton maupun atlet di arena. Testing yang masif juga dilakukan sehingga masyarakat yang masuk ke arena sudah dipastikan negatif tes COVID-19.

Tags : BNPB , MotoGP 2022 , Mandalika , Vaksinasi , COVID-19 , Indonesia