Menhub Resmikan Jalur KA Cibatu - Garut

| Kamis, 24/03/2022 16:33 WIB
Menhub Resmikan Jalur KA Cibatu - Garut Lintasan KA di Stasiun Garut (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perhubungan Budi Karya baru saja meresmikan kembali jalur kereta api Cibatu - Garut.

Sebelumnya jalur kereta api ini tidak beroperasi selama hampir 40 tahun tersebut.

“Kini, warga Garut dan sekitarnya bisa langsung naik kereta api menuju ke Bandung dan Jakarta,” kata Menhub Budi, Kamis 24 Maret 2022.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan kehadiran jalur kereta ini disambut antusias oleh masyarakat Garut dan sekitarnya.

“Saking antusiasnya, beberapa warga Garut sampai ikut dalam ujicoba jalur ini. Salah satunya seorang bapak berusia 52 tahun yang mengaku terakhir melihat kereta yang melintas ini saat masih SD. Beliau mengaku sangat menanti dan merindukan kehadiran kereta api di Garut yang menyimpan banyak kenangan,” jelas Menhub.

Menhub menuturkan, sejumlah warga yang turut ikut dalam uji coba ini bahkan ada yang rela datang dari sejumlah daerah seperti Purwakarta menuju Garut.

“Saya ikut merinding mendengar betapa antusiasnya warga Garut bahkan yang jauh-jauh datang dari kota lain untuk ikut uji coba. Mereka bilang terkesima dengan indahnya pemandangan di sepanjang jalur Cibatu-Garut,” ujarnya.

Nantinya, PT KAI akan mengoperasikan dua KA pada lintas layanan Garut-Cibatu ini yaitu KA Lokal PSO Garut Cibatuan dan KA Cikuray.

Harga tiket Kereta Api (KA) Cikuray dengan relasi Stasiun Pasar Senen hingga Stasiun Garut mampu ditekan hingga Rp 45.000 melalui subsidi PSO.

Sementara, KA Lokal yang melayani lintas Cibatu-Garut akan mengenakan tarif Rp 6.000 melalui subsidi PSO.

Tags : Menhub , Cibatu , Garut ,